08 September 2024
Pemilu 2024

Tes Wawancara Calon Anggota PPS Se Pidie Jaya Berjalan Lancar, Kehadiran Nyaris 100%. Ini Jadwal Selanjutnya

Foto : Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar sedang melakukan Interview terhadap salah satu calon anggota PPS | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tes wawancara yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya sebagai rangkaian tes terakhir bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah berlangsung dua hari dua malam berjalan lancar.  Kehadiran peserta nyaris mencapai 100 persen. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari lagi sampai Kamis, 19 Januari 2023 malam.

Pantauan liputangampongnews.id hingga malam hari, prosesi wawancara berjalan tertib dan lancar. Sejumlah petugas keamanan dari kepolisian setempat siaga penuh hingga kegiatan tersebut selesai. Tes yang digelar di Kantor KIP dibagi dalam tiga sesi (pagi, sore dan malam).

Hari pertama, Senin (16/1) kemarin, diikuti oleh peserta tes dari Bandar Baru (274 orang) dan Meurah Dua (130 orang). Semua peserta hadir mengikuti wawancara alias tidak ada yang absen.

Sementara pada hari kedua, Selasa (17/1) diikuti oleh peserta dari Kecamatan Bandar Dua (359 orang) dan Panteraja (73 orang). Dalam setiap sesi, ada satu orang yang tidak hadir (absen) untuk mengikuti wawancara yang berlansung hingga tengah malam.

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar, melalui Sekeretaris KIP Pidie Jaya, Iswandi yang dihubungi liputangampongnews.id mengatakan, calon anggota PPS mengikuti interview  secara keseluruhan berjumlah 1.555 orang. Mereka adalah peserta yang dinyatakan lulus uji tulis yang telah diumumkan Sabtu (14/) lalu.

"Sampai malam ini sudah selesai sejumlah 4 Kecamatan yang dilakukan wawancara langsung oleh para Komisioner KIP Pidie Jaya. Secara keseluruhan kami sudah melakukannya dengan sebaik mungkin dan telah bekerja secara maksimal, transparan atau terbuka.

"Isu-isu miring yang berkembang di sejumlah media sosial, itu hak mereka. Yang jelas kami sudah bekerja sesuai juknis  dengan jujur tanpa memilih atau berpihak," sampaikan Iswandi seperti diungkapkan Iskandar Ketua KIP.

Jadwal besok, Rabu (18/1/2023) untuk Kecamatan Ulim akan diikuti sebanyak 208 peserta dari 30 Gampong yang ada. Dan Kecamatan Jangka Buya dengan pesertanya 139 orang berasal dari 18 Gampong. 

Berikut Linknya:
https://bit.ly/wawancaraPPSULiM
https://bit.ly/wawancaraPPSJangkabuyaKemudian pada hari terakhir, Kamis (19/1/2023), Komisioner KIP yang sudah bekerja tampa terasa lelah akan melakukan interview kepada 178 peserta dari 27 Gampong di Kecamatan Trienggadeng. Serta dilanjutkan untuk Kecamatan Meureudu dengan 194 peserta dari 30 Gampong.

Berikut Linknya:
https://bit.ly/wawancaraPPSMeureudu
https://bit.ly/wawancaraPPSTrienggadeng

"Dari semua yang mengikuti Interview akan dipilih sebanyak 666 orang menjadi anggota PPS. Mereka akan bertugas di 222 gampong pada Pemilu 2024 mendatang, dimana setiap gampong diisi oleh tiga anggota PPS. Sementara tiga orang lagi juga dipilih menjadi cadangan jika da pergantian antar waktu (PAW) nanti. (*)