17 September 2024
Daerah

Penyuluhan Hukum, Jaksa Masuk Dayah Misbahudh Dhulam Al-Aziziah Pijay

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pada hari Senin, tanggal 25 September 2023, sekitar pukul 13.30 WIB, telah dilaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Dayah di Dayah Misbahudh Dhulam Al-'Aziziah, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Aceh.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Kejaksaan Tinggi Aceh, Dinas Pendidikan Dayah, dan PT. Bank Aceh Syariah dengan tema Penyuluhan Hukum & Sosialisasi Edukasi & Inklusi Keuangan.

Dalam kegiatan tersebut, hadir beberapa tokoh, antara lain Kasi Penkum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis, S.H, Kasi Intelijen Kejari Pidie Jaya, Hafrizal, S.H., M.H, Pimpinan Cabang Bank Aceh Syari'ah Pidie Jaya, Muhammad Reza Syahrial, Plt. Kepala Dinas Badan Dayah Aceh, Musmuliadi, 
Kabid Pembinaan Santri Badan Dayah Irwan Jamaluddin Pimpinan Dayah Misbahudh Dhulam Al-'Aziziah, Abi Asbahani, Kepala Dinas Badan Dayah Pidie Jaya Agussalim, Staf Kejaksaan Tinggi Aceh, Staf Kejaksaan Negeri Pidie Jaya serta Santri dan Santriwati Dayah Misbahudh Dhulam Al-'Aziziah Pidie Jaya.

Kasi Interlijen Kejaksaan Negeri Pidie Jaya, Hafrizal, S.H, M.H mengatakan, dalam penyuluhan tersebut, disampaikan tentang tugas dan wewenang Kejaksaan, serta Surat Edaran Gubernur Aceh Nomor: 451.44/20931 yang mengimbau pembentukan pengawasan dayah untuk mengantisipasi isu kekerasan di dayah. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman hukum para santri untuk mencegah pelanggaran hukum.

Aceh, sebagai daerah yang menerapkan Syariat Islam, menempatkan peran Dayah sangat penting dalam menyebarkan pemahaman tentang hukum. Program Jaksa Masuk Dayah dilakukan sebagai respons terhadap berbagai tindak pidana yang terjadi di dayah atau pesantren, seperti penganiayaan dan penyalahgunaan narkotika.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah bentuk perhatian dari Kejati Aceh terhadap generasi muda, terutama santri, untuk memahami dan mendukung supremasi hukum.

Pihak Kejaksaan berharap kepada santri setelah mengikuti penyuluhan ini, para santri akan lebih peduli terhadap penegakan hukum yang berlaku. (**)