27 Juni 2022
Opini

Merdeka Belajar Program Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Oleh: Mursyidah

OPINI - Pada merdeka belajar ini sistem pengajaran juga telah berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem peringkat (ranking) yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya Merdeka belajar juga  mendukung banyak sekali inovasi dalam dunia pendidikan, terutama kemajuan berbagai lembaga pendidikan termasuk sekolah ataupun madrasah, dengan membentuk pula kompetensi guru. Guru penggerak yang merdeka dalam mengajar tahu akan kebutuhan murid-muridnya sesuai lingkungan dan budaya siswa tersebut.Mengingat Indonesia memiliki banyak suku, adat istiadat dan budaya, tata Krama dan etika pada suatu daerah tentunya berbeda. Justru perbedaan yang ada membuat kita saling kenal mengenal, dan menjadi bangsa makmur dengan menghargai perbedaan yang ada, gotong royong yang sudah menjadi warisan terpuji leluhur secara turun-temurun. Nilai pancasila dan yang tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika dari kitab kakawin Sutasoma wajib menjadi nilai yang dipegang bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk para pelajar.

Nadiem makarim juga menyampaikan , apapun kompleksitasnya maka itu tidak menjadi masalah  tentu SDM  yang dikehendaki merupakan kapital intelektual yang memiliki keunggulan kompetetif dan komperatif  serta siap menghadapi  era globalisasi , apalagi saat ini bangsa indonesia  dihadapkan pada tantangan ekternal  berupa hadirnya Revolusi industri 4,0 yang bertumpu pada  cyber - pysical sistem , dengan didukung oleh kemajuan  teknologi , basis informasi dari media sosial  menghadapi tantangan itu semua tentu harus diimbangi dengan pendidikan bermutu supaya dapat menjamin tumbuh kembangnya SDM yang berkualitas  yang bisa bertindak cepat, tepat  dan mampu beradaptasi  dengan baik dalam mengantisipasi  sekaligus mengatasi dampak negatif dan gelombang perubahan besar.


Program merdeka belajar menurut mas mentri nadiem Anwar makarim akan menjadi arah pembelajarN kedepan yang fokus pada meningkatkan kualitas sumber daya manusia .merdeka bljar menjadi salah satu program untuk sLing berbagi praktik baik sisw untuk meningkatkan kualitas pembelajaran , harapannya dapat menciptakan suasana blhar disekolah yang bahagia suasana uang happy bagi peserta didik maupun para guru.

Langkah kita hari ini untuk kemajuan dunia pendidikan akan berlanjut , dengan kekuatan bersatu padu memberikan yang terbaik bagi ibu pertiwi , dalam rangka menyongsong Abad 21. Melahirkan generasi emas indonesia yang lebih maju , mari kita bergerak memberikan layanan pendidikan yang memerdekakan peserta didik dengan melihat potensi dalam diri peserta didik , hari adalah milik murid kita.sedangkan hari esok adalah milik kita bersama untuk perubahan yang lebih baik , pimpin pemuligan bergerak untuk merdeka belajar. Selamat hari pendidikan nasional .