08 September 2024
Opini

Sapaat Siregar: ORMADA itu Sangat Penting

OPINI - Apa sih yang  kamu takutkan  jauh dari kampung halaman mu ? atau harus  ber adaptasi lingkungan ? atau karena bahasa yang berbeda? Jiahh, ketakutan-ketakutan seperti itu sudah pasti muncul dalam benak setiap orang, namun sebenarnya kamu gak perlu khawatir dengan hal-hal demikian, lho…, Sebab organisasi mahasiswa daerah yang akan membantu kamu dalam ber adaptasi di lingkungan yang baru.


Misalnya, kamu berasal dari sipiongot dan sebentar lagi akan kuliah di UIN Ar-Raniry di banda aceh, kamu bisa bergabung di organisasi IMARSU (ikatan mahasiswa ar-raniry sumatera utara) dan ini menjadi salah satu ormada yang ada di banda aceh dan sudah barang  tentu ORMADA IMARSU sangat berarti bagi setiap mahasiswa baru yang kuliah di uin ar-raniry yang merantau dari sumatera utara. 


Nah.. saya jelasin seberapa penting  ORMADA itu, di UIN Ar-Raniry ada Ikatan Mahasiswa Ar-raniry Sumatra Utara organisasi ini yang menjadi wadah bagi mahasiswa perantau dari sumatera utara atau sering di sebut IMARSU. 

Hal ini menjadi wadah dan sumber informasi hal-hal mendasar dan penting.
Dan ini wadah eksternal kampus yg di khususkan kepada mahasiswa yang berasal dari Sumatera utara dan berkuliah di UIN Ar-Raniry tidak hanya sebatas perkumpulan mahasiswa semata tetapi juga menjadi ajang untuk mengekspos dan mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa. 


Kerennya organisasi ini yaitu  didalamnya berbagai latar belakang berbeda, suku dan budaya yang berbeda,  mereka dapat berkontribusi sekaligus menjaga nilai-nilai budaya kedaerahan di tengah arus modernisasi dan heterogenitas budaya yang ada di kampus.

Selain bermanfaat untuk diri sendiri kita juga harus memberikan manfaat bermanfaat ke organisasi tersebut. Mengikuti organisasi daerah itu, artinya kita turut  berkontribusi dalam membangun dan memajukan daerah asal dengan mengoptimalkan perannya dalam menyelesaikan masalah berbagai aspek seperti politik sosial ekonomi maupun budaya.

Singkatnya, kita memperluas relasi di perantauan dan juga mengobati homesick atau stres dan rasa cemas sebab jauh dari kelurga atau sendirian di kos, berorganisasi itu menjadikan kita ter organisir dalam berbagai aspek dan juga membentuk jati diri sebagai seorang pemimpin. (**)