08 September 2024
Pemilu 2024

KIP Pidie Jaya Sukses Gelar Tes CAT Calon PPK. 49 Peserta Mangkir

Foto : Ketua KIP Pidie Jaya bersama Komisioner dan Sekretaris memantau pelaksana tes CAT calon anggota PPK usai terjadi sedikit kendala padam listrik. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya telah melaksanakan tahapan seleksi tertulis calon anggota Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu serentak 2024.

Seleksi tertulis tersebut dengan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) yang berlangsung dua hari 6 - 7 Desember ber 2022 yang dipusatkan di laboratorium
SMA Negeri 1 Bandar Baru, Lueng Putu, Kabupaten Pidie Jaya ini telah berakhir berhasil digelar dengan sukses, Rabu (7/12/2022) sore.

Pantauan liputangampongngnews.id, Pelaksanaan tes sempat terganggu, karena terjadinya pemadam listrik saat sesi kedua berlangsung. Namun masalah tersebut hanya berlangsung 5 menit saja, dan akhirnya pelaksanaan tes kembali lanjutkan oleh petugas KIP Pidie Jaya.

Berdasarkan data yang diperoleh, tes diikuti oleh 433 peserta dari 482 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi. Berarti 49 calon anggota PPK mangkir saat tes, terdiri 33 peserta laki-laki dan 16 peserta perempuan.Ketua KIP Pidie Jaya Iskandar mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Aceh, Cabdin Pidie-Pidie Jaya khususnya SMA Negeri 1 Bandar Baru. Begitu juga dengan pihak Polres Pidie Jaya khususnya Polsek Bandar Baru dengan sigapnya menjaga keamanan selama pelaksanaan tes serta rekan media yang membantu mensukseskan acara ini dengan baik.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya tes CAT PPK secara sukses. Saya juga ucapkan apresiasi kepada  calon anggota PPK karena telah mematuhi tata tertib selama mengikuti ujian dengan baik,” tandasnya.

Lanjutkan Iskandar Pendaftaran semuanya melalui sistem online "SIAKBA" ada 795 orang tapi hanya lolos 482 orang yang mengikuti tes CAT PPK dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Dan masing-masing pasca test CAT akan dipilih peringkat 15 terbaik di masing-masing Kecamatan,” kata Iskandar

Untuk jadwal pengumuman hasil seleksi tertulis calon anggota PPK terjadwal tanggal 8-10 Desember 2022. Ia juga berharap masyarakat dapat terlibat memberikan masukan saat perekrutan PPK.

“Kami juga berharap keterlibatan dan partisipasi masyarakat untuk memberi tanggapan dan masukan terhadap calon anggota PPK, mulai 2 - 10 Desember 2022,” harap Iskandar didampingi Sekretaris  KIP Pidie Jaya, Iswandi dan Komisioner lainnya.

Perlu digarisbawahi, Tes CAT ini dilaksanakan supaya masyarakat tahu bahwa KIP dalam rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan secara transparan. Tidak ada permainan atau "sarat kepentingan dalam hal ini," tegas Iskandar.

Sebab, ia memastikan bahwa dalam tes CAT ini, peserta calon PPK setelah mengerjakan 75 soal dalam 90 menit, langsung keluar hasil nilai atau skor masing-masing.

"Kepada calon anggota PPK yang lulus tes tulis dalam 15 besar setiap kecamatan nantinya, untuk mempersiapkan diri menlanjutkan tahap tes wawancara yang akan dilaksanakan 11-13 Desember 2022." kata Iskandar mengakhiri. (*)