18 Oktober 2024
Pemilu 2024

KIP Pidie Jaya Gelar Sosialisasi PUSS Pemilu 2024.

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKomisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, menggelar sosialisasi pelaksanaan Penghitungan Ulang Surat Suara (PUSS) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Pemilu 2024. Acara berlangsung di Aula Kantor KIP setempat, Selasa (2/7) sore.

Pantauan liputangampongnews.id, pelaksanaan sosialisasi tersebut selain Para Komisioner KIP Pidie Jaya, juga turut dihadiri Komisioner Bawaslu, Kabag Ops Polres Pidie, Perwakilan Kejari Pidie Jaya dan para pengurus partai politik serta para insan pers.

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar dalam dalam pembukaan sosialisasi mengatakan pelaksanaan PUSS akan digelar berdasarkan amar putusan MK, No: 153-01-12-01/PHPU.DPR-DPRD-XXI/2024 dan putusan No: 54-01-05-01/PHPU.DPR-DPRD-XXII/ 2024, dan sesuai surat Keputusan KPU Nomor 767 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal PUSS, yakni Sabtu (6/7/2024) di Kantor Bupati Pidie Jaya secara terbuka.

PUSS hanya akan dilakukan untuk DPRK Pidie Jaya Dapil 1 (Kecamatan Meuredu dan Ulim) dan Dapil 3 Kecamatan Bandar Baru. KIP Pidie Jaya menyediakan 22 Panel perhitungan, dengan 231 kotak suara yang akan dihitung ulang," sebutnya.

"Ada 231 TPS di tiga kecamatan yang akan dilakukan PUSS. Setiap parpol agar mempersiapkan saksi dua orang setiap panel dan hanya satu orang saksi secara bergantian  hadir di panel perhitungan. 

PUSS dilaksanakan dalam satu hari, jika tidak selesai bisa diperpanjang selama 12 jam tanpa jeda. KIP Pidie Jaya siap melaksanakan PUSS dengan segala persiapan yang telah dilakukan, dimana semua proses pelaksanaannya menjadi tanggung jawab KIP," Tegas Iskandar.

Kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Pidie Jaya Fajri M Kasem menyampaikan, Bawaslu sangat siap untuk mengawasi PUSS ini. Selain memanggil pengawas di tingkat kecamatan juga akan diperbantuboleh beberapa Pengawas dari kabupaten/kota lainnya, yang memang mutlak tidak ada kepentingan dengan hasil PUSS nantinya.

"Saat ini memang sudah melelahkan dengan proses yang cukup panjang kita jalani. Kita berharap tidak lagi memunculkan persoalan/ permasalan baru dalam pelaksanaan PUSS. Lakukanlah sesuai mekanisme dan peraturan berlaku," tandasnya seraya menyampaikan 

Kita semua nantinya sama-sama harus bisa legewo dengan menerima hasil akhir setelah dilaksanakan PUSS nanti. Untuk menghilangkan kecurigaan-kecurigaan, pihak parpol untuk mengirimkan saksi yang benar-benar berkompeten. Jangan sampai juga di hari H nanti kita habis energi dalam menyelesaikan hal-hal yang tidak perlu.* Pungkas Fajri M Kasem didampingi rekannya Mahfuzzal.

Hal serupa juga disampaikan Kabagops Polres Pidie Jaya, Kompol Teuku Muhammad, yang menekankan pentingnya keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan proses ini. Dimana ranah kami hanya keamanan dan kenyamanan dalam proses berlangsungnya PUSS.

Ia berharap nanti kepada semua pihak, khususnya Parpol kalau perwakilan yang dikirim bisa tertib. Peran kita beda-beda, jaga peran masing-masing agar proses dapat berjalan aman dan tertib tanpa ada hambatan. 

"Setiap panel ada satu anggota Polri berpakaian lengkap untuk pengamanan. Boleh menyampaikan aspirasi yang penting tertib ikuti saja peraturan yang berlaku tidak usah yang aneh-aneh." Himbau Kabag Ops.

Semua mata tertuju ke Pidie Jaya dan Aceh Timur, mari berikan yang terbaik. Percayakan saja sama orang yang telah diberikan mandat. Semoga setelah kegiatan ini tidak ada kegiatan tambahan lainnya yang membuat kita sangat lelah." Timpal Kompol T. Muhammad.

Salah satu peserta Sosialisasi, Mahlil, Sekretaris DPDPAN Pidie Jaya berharap ada layar (live streaming ) yang bisa disaksikan langsung proses berjalannya PUSS oleh masyarakat. "Semoga PUSS ini bisa berjalan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku." Tutupnya.

Usai pembukaan, materi sosialisasi PUSS DPRK Pidie Jaya Dapil 1 dan 3 disampaikan oleh Kordiv Teknik Penyelenggara, Darkasyi A Hamid yang diikuti dengan semangat oleh peserta. (*)

-->