18 Oktober 2024
Gampong

Usai Dikembalikan, Polemik Dana BUMG Udep Beusare Pulo Gisa Bireuen Berakhir

Liputangampongnews.id - Setelah sekian lama diduga simpang siur pengelolaan dana BUMG Udep Beusare, Gampong Pulo Gisa, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, yang di Ketuai Muhammad Ali. Kini diserahkan kembali ke Rekening BUMG melalui Tgk Ilyas Tuha Peut Gampong setempat, Selasa (7/12).

Dana tersebut di transfer langsung ke rekening BUMG Udep Beusare Gampong Pulo Gisa pada hari senin (6/12/2021) disaksikan oleh Camat, Keuchik dan Tuha Peut Gampong setempat.

Menurut keterangan Muhammad Ali Dana Desa yang dialokasikan untuk BUMG Udep Beusare pada saat dirinya menjabat sebagai Ketua sebesar Rp.165.000.000,-. Sebagian dari dana tersebut sudah digunakan untuk belanja barang pertanian untuk toko milik BUMG.

Sebagian barang pertanian yang pernah di belanjakan oleh pengurus BUMG masih ada di toko pertanian Gampong Pulo Gisa. Barang-barang tersebut jika diuangkan senilai Rp.50.600.000,-.

Selain itu, masih ada hutang Masyarakat Gampong Pulo Gisa yang belum di bayarkan ke toko pertanian milik BUMG Udep Beusare sebesar Rp.20 000.000,-. Kata Muhammad Ali.

Supaya tidak terjadi polemik ditengah masyarakat Dana BUMG Udep Beusare Rp.165 juta di kurangi dengan biaya biaya yang masih harus bayar, untuk itu sisanya saya kembalikan ke rekening BUMG Udep Beusare Gampong Pulo Gisa, ujar Muhammad Ali.

Sementara itu, Keuchik Gampong Pulo Gisa M. Jafar mengatakan, pengembalian dana BUMG ini berdasarkan hasil musyawarah yang difasilitasi dan dimediasi oleh segenap unsur Muspika Kecamatan Gandapura.

Alhamdulillah polemik dana BUMG Udep Beusare Gampong Pulo Gisa yang simpang siur akhirnya bisa di selesaikan, tanpa ada masalah lagi, ujar Keuchik Jafar.

Usai transaksi pengembalian dana ke rekening BUMG, Tgk. Ilyas Tuha Peut Gampong Pulo Gisa langsung menyerahkan buku rekening bank milik BUMG Udep Beusare kepada M. Jafar selaku Keuchik Gampong. (Adi Saleum)

-->