18 Oktober 2024
Pemilu 2024

Tes Tertulis PPK di Pidie Jaya Berjalan Lancar, 24 peserta Tidak Hadir

Foto : Komisioner KIP Pidie Jaya sedang memberikan arahan kepada peserta ujian | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebanyak 24 orang pendaftar yang lulus seleksi administrasi calon PPK di Kabupaten Pidie Jaya tidak mengikuti ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada hari pertama, Selasa (6/12/2022)

Pelaksanaan ujian tertulis Sistem CAT untuk hari pertama yang dibagi tiga sesi diikuti sebanyak 228 peserta calon Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) digelar di Gedung SMA Negeri 1 Bandar Baru, Lueng Putu, Kabupaten Pidie Jaya.

Tes CAT berlangsung selama dua hari yakni 6-7 Desember 2022. Peserta hari pertama berasal dari Kecamatan Bandar Baru, Bandar Dua, Jangka Buya dan Meurah Dua.

Pantauan liputangampongngnews.id, ujian dimulai dari pukul 09.30 Wib, saat memasuki ruangan ujian tertulis sistem CAT, para peserta terlebih dahulu diberikan arahan tentang tata tertib selama  mengikuti ujian oleh panitia pelaksana.Adapun tata tertib yang wajib dipatuhui oleh setiap peserta seleksi ujian bagi calon PPK ada 12 point ketentuan sesuai aturan KPU/ KIP.

Tersedia empat ruangan tes CAT masing-masing diisi oleh masing-masing 21 peserta terdapat 2 hingga 3 orang yang bertugas mengawasi.

Ketua KIP Pidie Jaya Iskandar mengatakan, dari 24 orang terdiri 15 laki-laki dan 9 perempuan yang tidak mengikuti tes langsung dinyatakan tidak lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya," ujarnya."Alhamdulillah proses ujian tulis calon PPK sistem CAT hari pertama berjalan aman dan lancar. Meskipun ada beberapa peserta sempat mengalami kendala saat login ke akun masing-masing, petugas kami hanya membantu para peserta itu," katanya.

Selama ujian berlangsung, KIP Pidie Jaya juga melibatkan personil kepolisian untuk memperketat pengamanan. Selain itu juga diawsi oleh sejumlah anggota Bawaslu Pidie Jaya," kata Iskandar

Waktu yang diberikan masing-masing peserta sebanyak 90 menit untuk menyelesaikan 75 soal metode pilihan ganda berjenjang. Artinya tingkat kerumitannya berjenjang, ada yang mudah, sedang, dan soal yang sulit," katanya

"Insya Allah, Rabu (7/12/2022) dilanjutkan tes CAT calon PPK dengan waktu yang sama seperti hari pertama. Hari kedua dijadwalkan untuk 230 peserta yang berasal dari Kecamatan Meureudu, Trienggadeng, Panteraja dan Kecamatan Ulim." tutup Iskandar. (*)

-->