08 September 2024
Pemilu 2024

Tes CAT Calon PPS di Pidie Jaya Usai, 166 Peserta Tak Hadir

Foto : Salah satu Komisoner KIP, Hasanuddin memantau pelaksanaan tes tertulis PPS se Pidie Pidie Jaya di Lokasi Pelaksanaan Ujian CAT, Rabu (11/1/2023). | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebanyak 166 orang peserta tidak hadir pada saat pelaksanaan tes tertulis pembentukan badan adhoc panitia pemungutan suara (PPS) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau KIP Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Tes dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) di tujuh lokasi berbeda. Ujian digelar mulai Minggu (8/11/2023) sampai Selasa (10/1/2023), selanjutnya, Rabu (11/1/2023) juga dilaksanakan ujian susulan bagi 18 peserta yang gagal administrasi sebelumnya serta 48 peserta yang sempat "Error System" saat mengikuti tes sebelumnya.

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar saat dikonfirmasi liputangampongnews.id, Rabu (11/1/2023) mengatakan secara keseluruh tahapan tes tertulis calon PPS Pidie Jaya telah selesai dengan aman dan lancar sehingga selanjutnya setelah pelaksanaan CAT ini masih ada tahapan tes interview atau wawancara.
"Selama empat hari ini, sejumlah 4.395 peserta seleksi Panitia Pungutan Suara (PPS) di Kabupaten Pidie Jaya mengikuti tes tertulis yang berakhir, Rabu (11/1/2023). Namun sebanyak 166 peserta tidak mengikuti tes, maka langsung nyatakan gagal." Ujarnya

Sebelumnya jumlah peserta yang lulus administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis sejumlah 4.543 orang. Berhubung diberikannya tanggapan/masukan masyarakat atas hasil penelitian administrasi calon anggota PPS bagi 58 peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi, sehingga hasil kajian ulang dari tanggapan masyarakat itu, 18 peserta diantaranya dinyatakan bisa mengikuti ujian susulan sebagaimana dijadwalkan," ketus Iskandar

"Memang sebanyak 4.395 orang yang mengikuti tes CAT PPS dari 222 Desa/ Gampong di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Sesudah mengikuti  test CAT, masing-masing akan dipilih peringkat dua kali kebutuhan, yaitu 6 (enam) terbaik di setiap Desa.” Akui Iskandar.

Sementara itu, Tgk Muhammad Yusuf, Komisioner KIP Pidie Jaya juga memberikan keterangan, dalam kelulusan tes tertulis ini menggunakan sistem perengkingan. Kendati demikian, bila terjadi nilai yang sama antara rangking 6-7 dan seterusnya, maka semuanya akan diloloskan untuk mengikuti tahapan berikutnya (tes wawancara).

"Saat interview inilah akan diseleksi kembali mana yang lebih layak mengemban amanah untuk mengisi posisi PPS.  Berarti ada 666 anggota PPS yang akan ditugaskan di 222 Desa yang ada. Setiap Desa kami memilih 3 anggota PPS, sementara 3 anggota lagi menjadi cadangan jika ada pergantian antar waktu (PAW)." Ungkap Tgk Sop, juga Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KIP Pidie Jaya.

Lanjutnya, KIP Pidie Jaya akan memplenokan dan mengumumkan hasil seleksi tertulis dari test CAT yang dijadwalkan pada 12-14 Januari 2023 melalui laman resmi dan akun media sosial KIP Pidie Jaya," sampaikannya.

"Kepada calon anggota PPS yang lulus tes tulis dalam 6 besar setiap Desa nantinya, untuk mempersiapkan diri melanjutkan tahap tes wawancara yang akan dilaksanakan 15-17 Januari 2023." Timpal Tgk Sop mengakhiri. (*)