18 Oktober 2024
Pemilu 2024

Sejumlah Peserta Mangkir Tes Wawancara PPG di Pidie Jaya

Foto : Ketua Panwascam Trienggadeng, Juli Fahmi Harahap didampingi anggota Teuku Saifullah dan Munadia sedang mewawancarai calon anggota PPG | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWSID - Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Pidie Jaya telah melaksanakan tes wawancara untuk peserta calon Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) atau di Aceh disebut Panitia Pengawas Gampong (PPG), sejak Selasa (31/1/2023) kemarin.

Pantauan liputangampongnews.id, di sejumlah sekretariat Panwascam, prosesi tes wawancara yang sudah berlangsung dua hari secara keseluruhan berjalan dengan baik. Sejumlah peserta seleksi PPG tidak hadir mengikuti tes wawancara alias mangkir.

Hasil penulusuran awak media ini, ada berbagai alasan dari ketidak hadiran calon PPG itu. Diantaranya ada yang sedang kuliah, ada yang suaminya sudah lulus di Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selain itu, ada juga yang disinyalir sudah menjadi anggota Sekretariat PPS di desa/gampong masing-masing serta ada yang menyatakan mengundurkan diri secara lisan saat dihubungi oleh staf sekretariat Panwascam untuk mengikuti tes wawancara.

Ketua Panwascam Trienggadeng, Juli Fahmi Harahap didampingi anggota Teuku Saifullah dan Munadia saat ditemui di kantor sekretariat Jalan Banda Aceh-Medan GP. Meue menyebutkan, bahwa ada 153 peserta calon PPG yang akan mengikuti tes wawancara yang telah lulus seleksi Administrasi (berkas).

"Dari semua peserta PPG Kecamatan Trienggadeng yang mendaftar, kami hanya membutuhkan 27 orang sesuai dengan jumlah desa/gampong, karena kebutuhannya hanya satu orang PPG pergampong." Sebut Fahmi

Seleksi tes wawancara PPG di Kecamatan Trienggadeng berlangsung 3 hari dan dibagi menjadi tiga sesi setiap hari. Hanya hari terakhir dilaksanakan satu sesi saja dengan peserta dari 4 desa/gampong.

"Hari pertama sudah kami lakukan dengan 55 peserta yang ikut wawancara dari 12 gampong. Pada hari kedua diikuti oleh 60 peserta dari 11 gampong. Sementara itu, sampai hari kedua pelaksanaan tes wawancara ada sekitar 13 orang tidak hadir," terang Fahmi

Untuk jadwal wawancara PPG di Panwascam Trienggadeng masih berlangsung sampai besok, Rabu (2/2/2023) yang akan diikuti oleh 25 peserta dari 4 desa/gampong." Katanya

Adapun siapa saja yang lulus sebagai PPG di 222 desa/gampong yang ada di Kabupaten Pidie Jaya dari 8 kecamatan yang ada akan diumumkan pada tanggal 4 Februari 2023 mendatang. Serta pelantikan lansung dilaksanan pada tanggal 5-6 Februari 2023 di Kecamatan masing-masing. (*)

-->