17 September 2024
News

Perangi Narkoba, BNN Pidie Jaya Gelar Rakor Pengembangan dan Pembinaan KOTAN

Foto : Peserta dan Pemateri melakukan foto bersama usai acara Rakor Pengembangan dan Pembinaan Kotan | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Kabupaten Pidie Jaya melalui Seksi P2M melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan dan Pembinaan Kota/Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) di Aula Emirat Coffe & Resto Meureudu, Pidie Jaya, Senin (27/2/2023).

Rakor ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan KOTAN sekaligus sebagai wadah komunikasi dari semua elemen tersebut bersama dengan BNNK Pidie Jaya untuk selalu bersinergi, berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dalam pelaksanaan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba. 

Kegiatan dibuka oleh Kepala BNN Kabupaten Pidie Jaya AKBP. Fakhrurrozi, SH. Dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN).

Terkait hal ini beliau berharap kepada semua peserta yang hadir dari berbagai elemen dalam Kabupaten Pidie Jaya untuk bersama-sama mengambil peran penting, tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020." Terangnya dihadapi 20 peserta yang hadir.

Pasalnya kata AKBP Rozi, jika hanya mengandalkan BNN dan Kepolisian, itu mustahil bisa mewujudkan Kabupaten Pidie Jaya bersih dari Narkoba, pasalnya kedua lembaga itu selain keterbatasan anggaran juga keterbatasan Sumber Daya Manusia.

“Untuk itu pentingnya kita semua di sini untuk saling mendukung mewujudkan Kabupaten Pidie Jaya menjadi Kabupaten yang tanggap ancaman narkoba,”ujar Kepala BNNK Pidie Jaya.

Pada kegiatan tersebut selain dari Kepala BNNK Pidie Jaya juga menghadirkan dua narasumber lainnya, yaitu Kasatres Narkoba Polres Pidie Jaya, Iptu Muhammad Nur, SH (Aspek Hukum dalam pelaksanaan KOTAN) dan Zulwanis, S.Pd., M. Si selaku Analis SDM Aparatur Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie Jaya (Koordinasi Tanggap Ancaman Narkoba di Lingkungan Pendidikan).Kegiatan diakhiri dengan diskusi interaktif antara peserta dengan Pemateri juga Kepala BNNK Pidie Jaya terkait dengan kondisi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya saat ini.(**)