21 Mei 2024
Daerah

Mahasiswa Prodi BSA Ikuti Praktikum Mata Kuliah As-Siyahah Al-Adabiyyah Al Mahalliyah

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Puluhan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Mengikuti Praktikum Pariwisata, di Kota Sabang minggu (2/5/2023)

Praktikum yang dilaksanakan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) tersebut bertujuan agar mahasiswa/i mampu mempraktekan teori-teori yang telah mereka pelajari Pada Mata Kuliah As-Siyahah Al-Adabiyyah Al-Mahalliyah . Melalui praktek ini memberi pengetahuan dan pengalaman secara nyata bagi mahasiswa agar lebih mudah memahami pariwisata secara efektif dan untuk mempraktikkan teori-teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan.

Jumlah Peserta Praktikum Mata Kuliah As-Siyahah Al-Adabiyyah Al-Mahalliyah
Terdiri dari  37 orang mahasiswa/i. Praktikum tersebut dilaksanakan mulai tanggal 2-4 Mei 2023, perjalanan menggunakan transportasi kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Sabang memakan waktu sekitar 2 jam kurang lebih.

Kegiatan praktikum ini di perkenalkan kepada mahasiswa/i Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry tentang sejumlah objek wisata mulai dari benteng anoi itam, sumur tiga, kilometer 0, dan sejumlah destinasi wisata di pulau Rubiah, Makam Siti Rubiah, Situs Sejarah Karantina Haji, hingga keindahan alam bawah laut. 
Selain itu, mahasiswa di tugaskan untuk mewawancarai para wisatawan yang datang dari berbagai daerah dengan mengisi angket praktikum pariwisata  dalam hal sudut pandang tentang wisata Sabang, daya tarik, sarana transportasi dan hal-hal lain yang mendasar. 

Isfahannur, Selaku pemandu wisata ikut serta menyukseskan kegiatan praktikum yang berlangsung selama tiga hari, dan memandu mahasiswa untuk mengetahui objek-objek wisata dan menjelaskan sedikit tentang napak tilas dari wisata tersebut.

Rizky Rinaldi S.S,. M.Hum selalu dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab mengatakan "kegiatan praktikum ini sudah berlangsung sejak tahun 2017 yang dilakukan secara berkesinambungan hingga hari ini.  Dan kegiatan ini di lakukan agar mahasiswa bisa langsung mempraktekan semua teori-teori ataupun ilmu-ilmu yang telah mereka peroleh di kelas untuk di terapkan melalui praktikum ini.

Terlebih dalam dunia pariwisata sangat perlu di tingkatkan untuk mendapatkan devisa, menciptakan lapangan kerja, pemicu pertumbuhan ekonomi dan juga merangsang pertumbuhan industri"  (2/6/2023) tutup nya.  (**)