17 September 2024
Pemilu 2024
Pilkada Pidie Jaya 2024

Hari Kedua Rekrutmen Panwaslih Kecamatan se-Aceh, Pendaftar Terus Berdatangan

Foto : Tgk.Muhammad Yusuf, Komisioner dan Koordiv. Sumber Daya Manusia dan Organisasi Panwaslih Aceh. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Kuota Belum Terpenuhi, Yuk Daftar Segera...!!?

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPanitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh menyebut, hingga hari kedua dibuka pendaftaran, Minggu (28/7), minat masyarakat untuk menjadi Panwaslih tingkat kecamatan pada Pilkada 2024, minat atau antusiasme masyarakat terpantau cukup tinggi.

Para pendaftar terus berdatangan silih berganti sejak pagi hingga sore hari, terdapat peningkatan jumlah pendaftar yang cukup signifikan dibandingkan pendaftaran hari pertama.

Hal itu disampaikan Komisioner Panwaslih Aceh Devisi SDM-OD, Tgk. Muhammad Yusuf, S.Pd.I bersama Tenaga Ahli Panwaslih Aceh Dr.Muklir,S.Sos.,SH.,M.AP., saat dikonfirmasi liputangampongnews.id via seluler Minggu (28/7/2024) malam. 

Pada hari kedua peserta yang telah mengembalikan formulir pendaftaran sebanyak 884 orang pendaftar yang terdiri dari 626 orang laki-laki dan 258 orang perempuan di seluruh kabupaten/ kota se-Aceh.

Lebih lanjut kata Tgk Yusuf bahwa  jumlah Pendaftar tertinggi di hari kedua, berada di Kabupaten Pidie dengan jumlah pendaftar sebanyak 149 Orang, dengan rincian jenis kelamin Laki-laki sebanyak 98 Orang dan Perempuan sebanyak 51 Orang.

Selanjutnya, terbanyak kedua pendaftar di Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah Pendaftar sebanyak 125 Orang, sedangkan 70 Orang pendaftar berjenis kelamin laki-laki dan 55 Orang pendaftar berjenis kelamin perempuan.

“Meskipun pendaftarnya secara keseluruhan sudah banyak,  namun dari 276 kecamatan yang ada di Aceh, masih ada beberapa kecamatan di sejumlah kabupaten/ kota yang belum terpenuhi kouta dua kali kebutuhan dari jumlah pendaftar. Begitu halnya dengan kuota perempuan 30 persen juga belum terpenuhi. Semoga di hari terakhir besok, Senin (29/7) semua kuota dapat terpenuhi," jelas Tgk. Yusuf

Namun, jika sampai ditutupnya masa pendaftaran pada hari Senin, 29 Juli 2024 pukul 23.59 WIB, kuota yang tersedia belum terpenuhi untuk tenaga pengawas pemilihan tingkat kecamatan, maka pihaknya (Pawaslih) bakal memperpanjang masa pendaftaran khusus untuk kecamatan yang masih kurang.” Tandasnya

Saya berharap seluruh tahapan rekrutmen berjalan dengan lancar sesuai dengan timeline yang telah ditentukan" tutur Tgk.Yusuf selaku Koordiv. Sumber Daya Manusia dan Organisasi Panwaslih Aceh.  Masih ada waktu satu hari lagi, saya mengundang seluruh warga Aceh yang tertarik dengan kepemiluan untuk mendaftar," Ajak Tgk Yusuf.  (**)