17 September 2024
Daerah

Diundurnya Acara Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie, Begini Penjelasan Pj Bupati

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  Diundurnya Acara Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie tersebut berdasarkan hasil rapat Panpel untuk persiapan pergelaran acara yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Pidie, Drs, Samsul Azhar, Sabtu (07/09/2024) di Oproom Setdakab setempat.

Pj Bupati, Drs. Samsul Azhar yang dikonfirmasi awak media ini, usai memimpin rapat Panpel mengatakan, "Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie yang rencananya berlangsung selama tiga hari tersebut jadwalnya dimundurkan".

Dimana jadwal sebelumnya pada Senin 9 September 2024 dengan agenda Bazar UMKM. Pada Selasa 10 September dengan agenda Pawai Budaya, Lomba Geudeu-geudeu, Teut Apam, serta seremonial Pembukaan Pidie Gemilang dalam dan Peringatan Hari Jadi Pidie.

Dan di hari ketiga, Rabu 11 september 2024 dengan agenda Upacara HUT Pramuka, Tampilan Seni Pramuka, Tampilan Seni Top Daboh, Tampilan Seni Meukat Ubat, dan Tampilan Seni Mop-mop (Operetnya Aceh), yang diakhiri dengan seremonial Penutupan Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie.

Lebih lanjut Pj Bupati menjelaskan, agenda sebelumnya tersebut digeser waktu menjadi, Bazar UMKM pada Sabtu 21 September 2024. Untuk Pawai Budaya, Lomba Geudeu- geudeu, Teut Apam, serta seremonial Pembukaan Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie, dilaksanakan pada Minggu 22 September.

Sedangkan pada Senin 23 September 2024, dengan agenda Upacara HUT Pramuka, Tampilan Seni Pramuka, Tampilan Seni Top Daboh, Tampilan Seni Meukat Ubat, Tampilan Seni Mop-mop, diakhiri dengan seremonial Penutupan Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie.

"Dimundurkan acara ini dikarenakan beberapa pertimbangan, antaranya untuk menghormati atas berpulangnya salah seorang Ulama Kharismatik Aceh, juga sedang berlangsungnya perhelatan even olahraga nasional di Pidie", ungkap Pj Bupati. 

"Selain itu juga untuk mematangkan persiapan Panpel, sekaligus memantapkan pelaksanaannya nanti", imbuh Drs. Samsul Azhar yang turut didampingi oleh Pj Sekda, Jufrizal, S.Sos., M.Si., Ketua Panpel, Edy Saputra, S.IP., M.M., (Kadisparpora), dan Kadisdikbud, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd.

Rapat Panpel Pidie Gemilang dan Peringatan Hari Jadi Pidie ini dihadiri oleh para Staf Ahli, para Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor, para Kabag, Camat, serta unsur terkait lainnya.

Diketahui, Kesimpulan Seminar Raya pada Rabu (31/07/2024) lalu di Oproom Setdakab setempat, Hari Jadi Pidie ditetapkan pada 22 Jumadil Akhir 917 Hijriah, bertepatan dengan 18 September 1511 Masehi. 

Hitungan Hari Jadi tersebut didasari periode islam di Pidie. Dan Peringatan Hari Jadi Pidie pada September 2024 ini adalah yang pertama setelah 513 tahun.(As)