19 September 2024
News

Dampak Pelecehan Seksual yang Tidak Dipedulikan Oleh Masyarakat

Foto : Dok. Google Images | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Marak dan meluasnya kasus pelecehan seksual di Aceh berdampak buruk terhadap korban yang mengalami kekerasan seks.

Kasus pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, tidak mengenal tempat, baik itu di lingkungan Kampus maupun di lingkungan kerja ataupun di lingkungan keluarga sendiri.

Baru-baru ini merebaknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap empat (4) mahasiswi di lingkungan kampus, pelakunya adalah seorang dosen.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, tiga korban berasal dari Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Sementara seorang korban lainnya merupakan mahasiswi asal luar daerah yang kuliah di Aceh.

Keempat (4) korban mengalami pelecehan seksual secara verbal, diduga dilakukan oleh oknum dosen yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Sesuai pengakuan para korban, mereka mengaku kerap mendapat chat mesum dan dilecehkan saat korban melakukan kunjungan skripsi ke oknum dosen.

Melansir yoursay.id berdasarkan studi Value Champion, Indonesia berada di peringkat kedua negara yang paling berbahaya untuk perempuan di wilayah Asia Pasifik.

Di zaman sekarang ini pelecehan seksual masih sering terjadi dan masih banyak masyarakat luas yang tidak memperdulikan masalah ini.

Pelecehan seksual adalah tindakan tidak senonoh yang terikat dengan seks yang tidak di inginkan dengan memaksa para korban dengan sentuhan-sentuhan seksual, ajakan seksual dan juga mengomentari bagian tubuh tertentu.

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja baik di tempat umum sepert bis, pasar, sekolah, kantor, maupun ditempat pribadi seperti rumah.

Menurut studi Value Champion, Indonesia berada di peringkat kedua negara yang paling berbahaya untuk perempuan di wilayah Asia Pasifik. Kasus pelecehan seksual ini sudah menjadi hal yang tabu di masyarakat. 

Dampak Pelecehan Seksual Pada Korban:

1. Mental illness

Penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaaan dan perilaku seseorang. Tidak sedikit korban kekerasan yang mengalami gangguan kejiwaan karena terlalu shock akibat kejadian kekerasan seksual. Rendahnya pengetahuan tentang gejala ini bisa membuat korban memiliki gangguan jiwa yg lebih besar.

2. Mental Breakdown

Korban yang mengalami pelecehan seksual dapat membuat korban memiliki reaksi panik dan cemas yang berlebihan yang membuat korban akan merasa lebih waspada pada apapun sehingga membuat orang di sekelilingnya merasa tidak nyaman. 

3. Insecure

Korban pelecehan akan merasa kurang percaya diri di mana korban merasa bahwa diri mereka tidak berharga lagi. Korban akan lebih menutup diri lebih sering overthinking pada dirinya sendiri dan kehilangan kepercayaan diri. 

3. Bunuh Diri 

Salah satu dampak serius yang terjadi karena pelecehan seksual yaitu bunuh diri. Banyak masyarakat yang tidak tau tentang kasus dimana para korban kehilangan nyawa nya akibat tidak dapat bertahan lagi. Korban akan mengalami depresi sehingga dapat menyakiti dirinya sendiri dengan disengaja dan menghilangkan nyawa mereka sendiri.

Berdasarkan hasil wawancara yang sudah saya lakukan terhadap seorang korban pelecehan seksual, korban mengaku bahwa mereka mengalami shock berat, tidak bisa berbuat apa-apa, stress berat yang pada akhirnya membuat korban menjadi depresi. 

Apakah keluarga, teman atau kerabat kerjamu pernah mengalami pelecehan seksual? Berikut cara menangani para korban pelecehan seksual

Tetap Berada Disisi Mereka

Di saat seseorang mengalami pelecehan seksual korban akan mengalami shock dan trauma, maka dari itu kita harus tetap disamping mereka agar korban akan tetap tenang hingga ketakutan korban itu hilang

Ajak Mereka Liburan

Dengan mengajak mereka liburan setidaknya korban bisa melupakan hal buruk yang korban alami. Dengan mengajak korban liburan akan mengurangi phobia untuk bertemu orang banyak sehingga korban akan lebih mudah untuk menerima lingkungan seperti dulu.

Temani Mereka ke Tempat Umum

Dengan menemani mereka beraktivitas seperti dulu lagi akan membuat korban lebih tenang karena adanya perlindungan dari kita. Korban akan lebih mudah merasa nyaman dilingkungan sekitar ketika ada seseorang yang menemaninya.

Dampak pelecehan seksual adalah hal serius yang harus kita sadari. Jika tidak ditangani dengan maksimal korban akan mengalami depresi yang mendalam dapat membat korban bunuh diri. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus lebih tau dan sadar akan pelecehan seksual. (**)