17 September 2024
Pemilu 2024

Anda Lulus Seleksi Administrasi Calon PPS di Pidie Jaya? Ini Jadwal Seleksi Tertulisnya!

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komisi Pemilihan umum (KPU) untuk Aceh disebut Komisi Independen Pemilihan (KIP). Hasil seleksi administrasi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh telah diumumkan oleh KIP setempat.

Pengumumkan dilakukan melalui laman web dan akun media sosial resmi KIP Pidie Jaya. Selain itu juga sudah tersebar dan viral di jejaringan sosial termasuk media online. 

Sejumlah 58 pendaftar PPS  Pemilu 2024 di KIP Pidie Jaya dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, karena tidak lengkapnya persyaratan yang telah ditetapkan.

"Hasil seleksi administrasi pendaftaran calon anggota PPS sudah kami umumkan kemarin malam. Ada 4.543 pendaftar yang lolos seleksi administrasi dan akan ikut tes tulis pada 8 Januari 2023," kata Komisioner KIP Kabupaten Pidie Jaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Tgk Muhammad Yusuf, Jum'at (6/1/2023).

Jumlah total pendaftar yang berkasnya diterima untuk seleksi calon anggota PPS Pemilu 2024 di KIP Pidie Jaya sebanyak 4.601 orang. Setelah dilakukan penelitian berkas, ada 58 pendaftar yang dinyatakan berkasnya kurang lengkap. Selebihnya, 4.543 pendaftar dinyatakan berkasnya lengkap dan dilanjutkan ke seleksi tes tertulis," sebutnya."Sejumlah peserta yang tidak lolos seleksi administrasi disebabkan beberapa hal, antara lain, tidak mengisi surat lamaran dengan lengkap dan surat keterangan kesehatan tidak lengkap komponen yang ditentukan serta beberapa hal lainnya tidak sesuai persyaratan administrasi," tambah Tgk Yusuf.

Para pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes tulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT) pada sejumlah sekolah yang memiliki laboratorium komputer di Kabupaten Pidie Jaya.

Ditanyai lokasi pelaksanaan Ujian CAT, Tgk Yusuf menyebutkan rencananya kita laksanakan di tiga tempat/ wilayah. Untuk wlayah barat (Kecamatan Bandar Baru), wilayah tengah (Kecamatan Meureudu) dan wilayah timur (Kecamatan Bandar Dua).

"Jadwal pelaksanaan Seleksi Tertulis sesuai dengan ring waktu dalam tahapan sampai tanggal 11 Januari 2023. Mengingat banyaknya peserta ujian dan minimnya fasilitas laboratorium komputer, maka kami melaksanakan ujian mulai hari Minggu, 8 Januari 2023. Setiap harinya akan dilaksanakan dalam tiga sesi ujian." Rinci Tgk Yusuf

Tentang jadwal dan lokasi Ujian CAT PPS secara rinci, segera diinformasikan secepatnya melalui media sosial KIP Pidie Jaya. Kita usahakan lokasi pelaksanaan Ujian CAT dekat dengan kecamatan domisili para pendaftar," tegaskannya.

Minta Tanggapan Masyarakat
Sementara itu saat bersamaan, Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar mengapresiasi minat masyarakat Pidie Jaya terutama kaula muda untuk menjadi penyelenggara cukup tinggi. Hal ini dilihat banyaknya pendaftar yang ikut serta”, ujarnya.

Selanjutnya, Iskandar meminta masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan kepada calon Anggota PPS yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi yang sudah diumumkan kemarin malam secara resmi melalui media sosial KIP Pidie Jaya."Tanggapan dan masukan dapat disampaikan langsung ke KIP Pidie Jaya, jika nama-nama calon Anggota PPS yang sudah diumumkan lulus administrasi ditemukan tidak memenuhi syarat seperti menjadi anggota Partai Politik/ tim pemenangan calon.

Selanjutnya, pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan, bukan dari warga desa/gampong setempat ataupun persyaratan-persyaratan lain yang diatur sebagai syarat menjadi anggota PPS." Pinta Iskandar.Tanggapan tersebut dapat disampaikan lansung ke KIP Pidie Jaya mulai diumumkan 3/1/2023 sampai dengan tanggal 14/1/2023.

“Kita harapakan masyarakat ikut berperan aktif dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu ini. Salah satunya dengan memberikan tanggapan terhadap calon PPS tersebu terkait persyaratannya”, tutup Iskandar. (*)