08 September 2024
Pemilu 2024
Seleksi Panwaslih Pilkada Pidie Jaya 2024

Timsel Panwaslih Pidie Jaya Umumkan Calon Komisioner yang Berhak Ikut Fit & Proper Test

Foto : Foto (kiri) Pengumuman Calon Anggota Panwaslih Pidie Jaya 15 besar. Foto (kanan) Timsel sedang dalam rapat pleno untuk menetap calon yang lulus dan mengeluarkan pengumuman. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Panitia Seleksi (Pansel) Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota Panwaslih Pilkada Kabupaten Pidie Jaya Tahun 2024 mengumumkan nama-nama peserta yang lulus uji baca Al-Quran dan Wawancara, Jum'at (26/4).

Selanjutnya 15 (lima belas) nama yang di nyatakan lulus itu akan mengikuti Fit and Proper Test atau Uji Kepatutan dan Kelayakan dengan Komisi A DPRK Pidie Jaya. Hal ini sesuai dengan Qanun Pemerintah Aceh nomor 6 tahun 2016.

‘’Al-hamdulillah, Pansel calon Panwaslih Pidie Jaya telah melakukan semua tahan seleksi hingga uji baca Al-Quran dan wawancara dan hasil rapat pleno telah menetapkan 15 calon anggota Panwaslih Pidie Jaya,’’ ungkap Yusraddin,, S. Pd Ketua Tim Pansel Panwaslih Pidie Jaya kepada media ini, Jum’at, (26/4/2024).

Yusraddin menambahkan penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno Pansel di Kantor DPRK Pidie Jaya dan ia menjelaskan kepada awak media, penetapan itu dilakukan setelah dilakukan uji baca Al-Qur'an yang diuji pihak MUQ Pijay dan Wawancara yang dilakukan Pansel Panwaslih.

Kesempatan bersamaan, Sekretaris Pansel Cut Nur Azizah, SE menyampaikan pada Jum’at (26/4) pagi, Tim Pansel telah melakukan rapat pleno dan mengeluarkan pengumuman di media nama yang lulus tersebut.

"Proses selanjutnya Pansel menyerahkan 15 calon Panwaslih yang lulus seleksi yang dilakukan pansel kepada Komisi A DPRK Pidie Jaya. Selanjutnya Komisi A DPRK Pijay akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Waktunya akan diinformasikan lebih lanjut oleh Sekretariat DPRK Pidie Jaya,’’ ujarnya.

Baca juga: Empat Calon akan Kembali Gugur, 19 Kandidat Ikuti Uji Baca Al-Qur'an dan Wawancara

Pengumuman ini tertuang dalam surat nomor 05/PANSEL-PANWASLIH /PJ/IV/2014 yang ditandatangani oleh Ketua Pansel Yusraddin, S.Pd

Berikut 15 Calon Panwaslih yang lulus adalah:

  1. Darwis asal Bandar Baru,
  2. Zikrillah asal Meureudu,
  3. Nasrullah asal Meureudu,
  4. Muhammad Rizal asal Trienggadeng,
  5. T Yusrizal asal Meureudu,
  6. Iswar SP asal Meureudu,
  7. Muliadi asal Trienggadeng,
  8. Ariza asal Panteraja,
  9. Pujiana Abdullah asal Trienggadeng,
  10. M Agmar Media SHI MH asal Meureudu,
  11. Abdul Muis SE Ak asal Panteraja,
  12. Idris ST asal Bandar Dua,
  13. Khairuddin,SPdI asal  Meureudu,
  14. Junaidi Usman SKom asal Bandar Dua,
  15. Munawar SP MSi asal Bandar Dua.

Perlu diketahui, ada 19 calon anggota Panwaslih Pidie Jaya telah selesai mengikuti tes baca Al-qur'an dan wawancara. Dimana empat diantara harus gagal melaju ke tahapan selanjutnya, karena kuotanya hanya 15 orang.

Adapun empat peserta yang gugur adalah Akmal Firdaus  asal Bandar Baru, Jailani SP asal  Bandar Baru, Mufadhdhin asal Panteraja dan Bahari Maulana Saputra asal Bandar Dua. (**)