08 September 2024
Daerah

Seminar Internasional Tentang Penguatan Pendidikan Berkonsep STEM+C Akan Digelar di Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat Bupati Pidie, Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., didampingi oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd. M.Pd., menerima kunjungan akademisi dari Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Jum'at (10/03/2023) sore di Pendopo setempat.

Kunjungan Staf Khusus Rektor USK, Dr. Qismullah Yusuf, M.Ed., dan Prof. Dr. Abdul Halim, Dr. Syahminan, M.Pd., keduanya dari Science, Technology, Engineering and Mathematics Plus Character (STEM+C) USK, bertujuan untuk mengadakan Seminar Internasional tentang penguatan pendidikan berkonsep STEM+C.

Seminar Internasional tentang penguatan pendidikan berkonsep STEM+C ini diperuntukan bagi Kepala Sekolah dan Guru di Kabupaten Pidie, yang rencananya pada 20 September 2023 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Pidie menyambut baik dan memberikan apresiasi atas rencana seminar ini di Pidie. Dan meminta para Kepala Sekolah serta Guru di Pidie untuk mengikuti kegiatan dimaksud. 

"Peningkatan kapasitas guru harus dilakukan setiap saat dan berkala sesuai dengan kemajuan dan perkembangan jaman", sebut Ir. H. Wahyudi Adisiswanto. 

Apalagi perkembangan teknologi informasi begitu cepat, tentunya harus diimbangi oleh pengembangan kapasitas guru, imbuhnya. 

"Para siswa akan hebat bila dibina, dilatih dan dididik oleh guru-guru yang bermutu", ujar Pj Bupati Pidie.

Sementara itu, Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, kepada awak media ini menyampaikan, bahwa kunjungan Akademisi dari USK bertemu Pj Bupati Pidie bertujuan untuk mengadakan Seminar Internasional tentang penguatan pendidikan berkonsep STEM+C, rencananya pada 20 September 2023 mendatang.

"Sedangkan pemateri pada seminar ini adalah, Prof. Dr. Mohd Sattar (Ketua STEM+C) Malaysia, Prof. Dr. Haizir Sofyan, Prof. Dr. Abdul Halim, Dr. Qismullah Yusuf, M.Ed., dan Dr. Syahminan, M.Pd., semuanya dari USK", ungkap Kadisdik.

Ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan pendidikan merdeka belajar yang berfokus pada pengembangan kemampuan siswa.

"Untuk itu, kita berharap para Kepala Sekolah dan Guru untuk memanfaatkan moment ini sebagai bagian dari pengembangan kapasitas guru", pintanya.

Hadir bersama Kadisdik mendampingi Pj Bupati, Kabid GTK, Mutiawati, M.Pd., dan Staf Kebudayaan, Sofyan, M.Pd.

Kegiatan Seminar Internasional tentang penguatan pendidikan berkonsep STEM+C ini direncanakan pada 20 September 2023 di PCC Sigli, dengan peserta sekitar 500 orang. (AS)