08 September 2024
Daerah

Pengungsi Banjir Gampong Asan Dapat Pengobatan Tim Medis Puskesmas Kota Sigli

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID - Pemkab Pidie terus melakukan berbagai upaya dalam menangani para pengungsi dampak banjir, selain kecukupan sembako dan tempat berteduh yang layak, juga memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi tersebut.

Seperti dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Kota Sigli di pengungsian warga Gampong Asan, di Meunasah gampong setempat, Selasa (31/01/2023). Ditempat itu, Tim langsung melayani pengobatan kepada warga yang mengeluh dengan berbagai penyakit selama banjir.

"Oleh karena itu, kita dari Tim Kesehatan Puskesmas Kota Sigli, Dinkes Pidie,  langsung turun ke lokasi pengungsian, untuk memberikan layanan pengobatan kepada pengungsi yang mengalami gatal-gatal, batuk, pilek, demam dan keluhan lainnya", sebut Kapuskesmas Kota Sigli, dr Mayzaryani.   

Sejak banjir pertama pada 21/01, juga banjir kedua pada Senin 29/01 kemarin, banyak rumah warga terendam banjir, dimana hujan deras menyebabkan genangan air bercampur lumpur dan sampah, yang merupakan biang penyakit, khususnya bagi mereka yang rentan, seperti lansia dan anak- anak. 

"Dengan kehadiran Tim kita di pengungsian, yang didukung oleh unsur Forkopincam Kota Sigli dan Perangkat Gampong setempat, diharapkan bisa membantu mengatasi keluhan-keluhan berbagai penyakit. Dan warga di sana pun sangat antusias dengan adanya pelayanan kesehatan ini", ujar Kepala Puskesmas Kota.

Kita imbau warga, walau dalam kondisi hujan dan banjir, untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Kita harap warga untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Makan dengan teratur serta istirahat yang cukup", imbau dr. Mayzaryani. (As)