20 April 2024
Internasional

Sejumlah Rp 402.402.000,- Donasi Dari Pidie Jaya Untuk Palestina

Foto : Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas Menyerahkan Donasi Kemanusian Palestina dan diterima Zulfurqan, Ketua Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menyerahkan donasi untuk rakyat Palestina sebesar Rp402.402.000. Donasi tersebut disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Aceh yang diserahkan langsung oleh Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas dan diterima ketua Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh yang diterima oleh Zulfurqan, di ruang rapat Sekretariat Pemkab setempat, Senin (5/7/2021).

Prosesi penyerahan dana peduli kemanusiaan Palestina ini, selain dihadiri oleh Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Bin Abbas, juga dihadiri Wakil Bupati, H Said Mulyadi SE MSi, Sekda, Ir Jailani Bramat, Asisten I, Abubakar SSos, Asisten III, Said Abdullah SH MKM, Kepala Dinas Syariat Islam Drs Jailani serta delapan camat dalam lingkup jajaran setempat dan juga para ketua forum keuchik gampong se Pidie Jaya.

Bupati Pijay, H Aiyub Bin Abbas kepada awak media, mengatakan donasi dana kemanusian peduli Palestina ini digalang dari berbagai unsur masyarakat dalam Kabupaten Pidie Jaya serta para ASN dari segenap jajaran Pemkab serta Kantor Kementerian Agama dalam wilayah kerjanya dan juga para relawan dari berbagai komunitas.

"Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua pihak serta kebersamaan dari segenap lapisan para ASN dan masyarakat Pidie Jaya, hari ini kami menyerahkan donasi peduli kemanusiaan Palestina ini sebanyak Rp 402.402.000. Memang sih, sekitar 580 juta lagi kurang dari 1 miliar, namun jumlah ini Alhadulillah sudah lumanyan,” cerutu Abuwa sapaan akrab Bupati.

Sebagaimana rencana awal jumlah dana bantuan untuk solidaritas kepada Palestina dari masyarakat Pidie Jaya ini, difokuskan untuk pembangunan fasilitas infrastruktur sumur air bersih “Sumur Ureung Pidie Jaya”. Pembangunan ini secara khusus akan mendapat hak istimewa dalam penambahan nama Pembangunan sumur waqaf dari masyarakat Pidie Jaya di Palestina.

“Pembangunan fasilitas bagi air bersih ini mutlak diperlukan mengingat kebutuhan air bersih saat ini tergolong masih sangat relatif minim. Mengingat beberapa waktu lalu berbagai fasilitas publik di negeri Palestina di bombardir oleh Zionis Yahudi. Dengan bantuan sebesar Rp 402.402.000 ini, setidaknya dapat memberikan dampak besar terhadap ketersediaan air bersih bagi muslim di Palestina,"ungkap Bupati Aiyub Abbas.

Keterangan dari Kepala Cabang ACT Aceh. Zulfurqan, Alhamdulillah, kami merasakan antusiasme masyarakat Pidie Jaya dalam membantu rakyat Palestina yang terus menerus mendapatkan penindasan dari zionis Israel. Inilah bentuk persaudaraan muslim antar satu dengan lainnya tanpa dibatasi jarak dan waktu.

“Insya Allah, donasi terkumpul akan digunakan untuk pembangunan sumur wakaf masyarakat Pidie Jaya di Palestina. Banyak sumber air telah tercemar sehingga dibutuhkan sumber mata air yang baru. Yakinlah, di saat kita membantu umat yang dilanda kesulitan, Insya Allah akan mudah urusan kita.

Hingga saat ini antusiasme masyarakat Palestina sangat tinggi. Mudah-mudah sedekah yang diberikan bisa menghindarkan dari masalah, diberkahi rezekinya, dan Allah lipatgandakan kebahagiaanya. Amin ya rabbal a'lamin.

Sementara itu, Muhammad Yasir, Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pidie Jaya, melalui sekretarisnya Fakhrurrazi merincikan sumber sumbangan itu, dari :

Hamba Allah                     :   1.000.000

Kemenag Pidie Jaya         : 41.090.000

Relawan                              :   3.645.000

L Relawan                           : 47.578.000

Nakes/ Yankes Pidie Jaya : 32.340.000

Rapi                                     :   4.000.000

Komunitas Fotografer      : 25.250.000

Dari Pemkab Pidie Jaya    : 247.499.000

TOTAL  : 402.402.000,- #Empat ratus dua juta empat ratus dua ribu rupiah# (***)