17 September 2024
Daerah

Sandang Predikat Paripurna, Pj Bupati Apresiasi Kinerja Manajemen RSUD TCD Sigli

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dinyatakan lulus akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Tgk Chik Ditiro (RSUD TCD) Sigli mengadakan syukuran dan Santunan kepada anak Yatim/Piatu, Kamis (22/02/2024) bertempat di halaman belakang Rumkit tersebut.

Dalam sambutan dan arahannya pada kegiatan itu, Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., mengatakan, kita patut bersyukur atas anugerah didapatkan RSUD TCD Sigli, yang telah terakreditasi dengan nilai optimal (Paripurna) oleh KARS dari Jakarta. 

"Setelah lebih sebulan tim survei "membongkar dan mengotak atik" semua sudut rumah sakit, dan akhirnya tim survei dari Jakarta tersebut memberikan nilai optimal terhadap RSUD TCD Sigli, dengan predikat Paripurna, yaitu nilai tertinggi dari hasil survei.

Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari kebersamaan, kerjasama yang baik ditubuh RSUD TCD Sigli selama ini, tidak tertinggal walau sekecil apapun merupakan bagian dari suatu keberhasilan.

"Semua keberhasilan ini tentunya berkat kerjasama tim, mulai dari tukang sapu sampai direktur adalah bagian dari suatu keberhasilan, karena semua punya andil dan saling mendukung", ujar Pj Bupati yang disambut Aplus dari yang berhadir.

Pj Bupati juga menuturkan, bersyukur dan mudah mudahan terus diberkahi, dengan tidak berpaling dari silaturahim.

"Teruslah bersyukur dan mudah mudahan kita selalu diberkahi, dengan tetap membangun prinsip silaturahim. Dan apresiasi saya terhadap apa yang telah dilalui dan dicapai ini", demikian ucapan Pj Bupati, Ir. Wahyudi Adisiswanto.

Direktur RSUD TCD Sigli, drg. Mohd Riza Faisal, MARS., disela kegiatan, kepada sejumlah awak media mengatakan, syukuran ini atas kelulusan tingkat Paripurna dari hasil survei KARS Jakarta.

"Berdasarkan survei akreditasi oleh KARS Jakarta terhadap RSUD TCD Sigli selama tiga hari, pada 12, 14 dan 15 Desember 2023 lalu. Dan pada 31 Desember 2023, KARS menetapkan RSUD TCD Sigli lulus tingkat Paripurna", jelas drg. Mohd Riza Faisal.

Ada beberapa Indikator yang menjadi target survei dari KARS dan terpenuhinya hasil survei, sehingga kita dinyatakan lulus dan menyandang predikat tingkat Paripurna atau 5 Bintang.

"Ada 16 Indikator yang menjadi acuan penilaian pada survei, dan kita mengantongi nilai di atas 85 persen, bahkan untuk Prognas Ibu dan Anak, dimana program dari Kemenkes RI ini mencapai nilai 100 persen, seterusnya oleh KARS, RSUD TCD Sigli dinyatakan lulus tingkat Paripurna", sebut direktur.

Setelah setahun lebih mempersiapkan sesuatu menuju survei, yang melibatkan semua staf, bahkan petugas Cleaning Service, barulah tahun ini, untuk pertama kali RSUD TCD Sigli terakreditasi Paripurna, ungkap drg. Riza Faisal.

"Dengan terakreditasi Paripurna, artinya pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat selama ini sudah mencapai standar dari Kemenkes RI, sesuai regulasi tentang pelayanan kesehatan. Pun demikian kedepannya terus kita tingkatkan, dan ini termaktub di dalam Renstra yang sudah kita susun jauh sebelumnya", jelasnya lagi.

Disampaikan juga, Rumkit dengan 340 bed, memiliki 43 dokter spesialis berbagai disiplin ilmu dan 28 dokter umum ini, tentunya dengan sejumlah perawat mahir tersebut, dalam tahun ini akan membangun ICU anak.

"Selain ICU anak di tahun ini, pada tahun 2025 kita juga berencana membangun ICU jantung, yang ditangani oleh dokter ahli, serta juga ICU bedah. Sedangkan sebelumnya kita hanya memiliki ICU umum", kata drg. Riza Faisal, yang didampingi Wadir Umum dan Keuangan, Muhammad Nur, S,K.M., M.Kes. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah Tgk  Chik Ditiro (RSUD TCD) Sigli, Rumkit milik Pemkab Pidie Tipe B telah berpredikat Paripurna atau 5 Bintang. Tingkat Paripurna ini berlaku sejak hari pemberitahuan oleh KARS, 31 Desember 2023 hingga 11 Desember 2027.

Predikat ini diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta, setelah dilakukan Survei terhadap RSUD TCD Sigli oleh Komisi ini selama 3 hari, 12, 14 dan 15 Desember 2023 lalu.

Hal ini sesuai surat pemberitahuan dari KARS Jakarta nomor 03796g/KARS-Reg/XII/2023 tertanggal 31 Desember 2023 tentang hasil akreditasi, yang ditujukan kepada Direktur RSUD TCD Sigli, dan ditandatangani oleh Ketua Eksekutif KARS Jakarta, Dr. dr. Sutoto, M.Kes., CH., CHt., CH.M.cd., CRP.

Adapun 16 Indikator yang menjadi kriteria penilaian dari survei oleh KARS Jakarta, dan menjadi dasar diberikan predikat Paripurna, yaitu 1.Tata kelola rumah sakit (TKRS) 2. Kualifikasi dan pendidikan staf (KPS), 3. Manajemen dan fasilitas dan keselamatan (MFK), 4. Peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP).

Kemudian, 5. Manajemen rekam medik dan informasi kesehatan (MRMIK) 6. Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), 7. Pendidikan dalam pelayanan Kesehatan (PPK), 8. Akses dan kontinuitas pelayanan (AKP), 9. Hak pasien dan keluarga (HPK), dan 10. Pengkajian pasien (PP).

Selanjutnya, 11. Pelayanan dan asuhan pasien  (PAP), 12. Pelayanan anastesi dan bedah (PAB),13. Pelayanan Kefarmasian dan penggunaan obat (PKPO) 14. Komunikasi dan edukasi (KE), 15. Sasaran keselamatan pasien(SKP), dan 16. Program nasional (Prognas).

Dan pada saat itu dalam sambutan pembukaan acara Survei Akreditasi RSUD TCD Sigli oleh KARS Jakarta, di Aula Lantai I RSUD TCD Sigli, Selasa (12/12/2023), Pj Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto, M.Si., mengatakan, RSUD TCD Sigli adalah satu- satunya RSUD rujukan tipe B milik Pemkab Pidie. 

Dang terus berbenah serta berusaha untuk memenuhi segala fasilitas sarana dan prasarana, baik secara fisik maupun non fisik serta penguatan kapasitas SDM agar terwujudnya pelayanan standar yang berkualitas. 

Pemerintah berkewajiban menyediakan pelayanan kesehatan yang bersifat public goods artinya pelayanan yang harus tersedia dan dapat dijangkau oleh setiap orang untuk mencapai hidup yang sehat. 

Disamping itu, pemerintah juga bertanggung jawab untuk menyediakan rumah sakit berdasarkan kebutuhan masyarakat, menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan, membina dan mengawasi penyelenggaraan rumah sakit sesuai standar.

Akreditasi RS adalah pengakuan terhadap standar mutu pelayanan rumah sakit, bertujuan meningkatkan keselamatan/perlindungan bagi pasien, masyarakat, serta SDM rumah sakit. 

Dan rumah sakit itu sendiri sebagai institusi yang mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, sehingga memberi kepastian bahwa rumah sakit yang terakreditasi memiliki kualitas atau mutu pelayanan yang memadai, sesuai standar yang ditetapkan.

Melalui survey ini, diharapkan adanya upaya pemenuhan standar oleh RSUD TCD Sigli dalam rangka peningkatan mutu dan keselamatan pasien, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen resiko yang berkelanjutan. 

Sehingga akan mempercepat upaya pencapaian visi RSUD TCD Sigli, yaitu terwujudnya pelayanan yang prima, efektif, profesional dan dengan nurani yang islami, serta terjangkau bagi masyarakat, demikian disampaikan Pj Bupati Pidie, pada acara pembukaan survei oleh KARS Jakarta, kala itu.

Hadir pada syukuran tersebut bersama Pj Bupati, Ass III, Drs. Sayuti, M.M., Kepala BPKK Pidie, Teuku Hendra Hidayat Yoga, S.STP., M.Ec.Dev.,  Kadisparpora, Edy Saputra, S.IP., M.M. 

Kemudian, Kabag Prokopim, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., beserta Staf, Kabag Umum, Drs. Akmal., Kabid Pembibitan DKP Pidie, Muhammad Ady Rizka, S.STP., para Pejabat, Staf, Dokter, dan Perawat, juga Sekretaris Tim Survei Akreditasi dari RSUD TCD Sigli, Khairina, S.ST., M.K.M.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, Shalawat Nabi, dan Doa keberkatan, juga dibarengi dengan santunan kepada anak yatim/piatu, dan diakhiri makan bersama (khanduri).(As)