21 Mei 2024
Daerah

2 Unit Ambulance di Puskesmas Gandapura Tak Terawat, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan Bireuen

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Mobil ambulance memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Tanpa adanaya mobil ambulance pelayanan terhadap pasien yang membutuhkan tidak akan maksimal. Pihak puskesmas tak akan bisa mengantarkan pasien rujukan ke rumah sakit dalam keadaan kritis.

Ambulance sendiri sebetulnya tidak hanya dimiliki oleh rumah sakit beberapa organisasi dan lembaga kemanusiaan pun juga memilikinya. Tapi sayangnya dua mobil ambulance di Puskesmas Gandapura tak terawat, Jumat (15/4/2022).

Muhamad salah seorang warga Gandapura sangat menyanyangkan kondisi dua unit ambulance milik Puskesmas Gandapura dibiarkan tanpa perawatan.

Kini kondisi ke dua unit mobil ambulance Puskesmas Gandapura sudah tidak bisa lagi mengantar pasien rujukan ke rumah sakit. Padahal dulu mobil kedua mobil ambulance milik Puskesmas Gandapura itu sangat aktif mengantar dan merujuk pasien keluar Daerah baik keluar Kabupaten maupun antar Provinsi, apalagi ada pasien yang meninggal dunia, ungkap Muhammad.

Tapi sekarang kata Muhammad mobil ambulance di Puskesmas Gandapura hanya bisa mengantar dari Kecamatan Gandapura ke Rumah sakit yang ada di wilayah Kabupaten Bireuen.

Lebih lanjut kata Muhamad, baru-baru ini ada pasien kecelakaan meninggal dunia, terpaksa Puskesmas Gandapura harus meminta bantuan ambulance ke Puskesmas Peusangan untuk mengantar pasien yang meninggal dunia ke Provinsi Sumatera Utara.

Dia berharap Dinas terkait segera perbaiki kedua ambulance tersebut karena ambulance merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak dan dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gandapura Bukhari, SKM membenarkan bahwa kedua mobil ambulance itu kondisinya sedang rusak makanya tidak bisa dipaksakan membawa pasien keluar Daerah.

Pihaknya, sedang berusaha agar kedua unit mobil ambulance untuk di perbaiki, namun dia akan memberitahukan lebih dulu hal ini kepada atasannya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen dr. Irwan A.Gani mengatakan pihaknya segera akan menghubungi Kepala Puskesmas, mengenai dua unit mobil ambulance tidak bisa beroperasi.

Dikatakan, dr. Irwan pihaknya sama sekali belum menerima laporan dari Kepala Puskesmas Gandapura terkait kondisu kedua unit mobil ambulance Puskesmas Gandapura yang sudah tidak bisa beroperasi dengan semestinya.

Pewarta: Adi Saleum