17 September 2024
Olahraga

PORA XIV Pidie Berakhir, Pidie Jaya Hanya Mampu Duduki Peringkat 15 Perolehan Medali

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV di Pidie telah berakhir dengan sukses. Pesta olahraga empat tahunan ini resmi ditutup Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, Setdaprov Aceh, Dr Jafar SH M.Hum di Stadion Blang Paseh, Kota Sigli, Kamis (22/12) lalu.

Dalam even tersebut, kontingen Kabupaten Pidie Jaya berhasil mengumpulkan 38 medali, denga persembahan medali emas terakhir untuk Pidie Jaya dari cabang olahraga (cabor) pencak silat atas nama Rizqullah Fauzan (Kelas E 65-79 KG).

Dengan demikian secara keseluruhan medali yang diraih Kontingen Pidie Jaya yakni 8 medali emas, 10 perak, dan 20 perunggu. Hasil akhir tersebut dipastikan Kontingen Pidie Jaya bertengger di peringkat 15, di atas Kabupaten Aceh Utara, Subulussalam dan Aceh Tenggara.

Ketua Kontingen Pidie Jaya, Islamuddin melalui Sekretaris Kontingen, Munawir menggatakan Pidie Jaya hanya mengikuti 16 cabang olahraga yang lolos di Pra  PORA Tahun 2021. Dari semua Cabor yang diikuti, hanya 5 Cabor yang belum mampu meraih medali, sementara 11 cabor lainnya mampu menghadapinya.

"Insyaallah ke depan di PORA ke 15 yang akan dilaksanakan di Aceh Jaya, Kabupaten Pidie Jaya akan berusaha lolos 20 cabor dari 33 cabor di pertandingkan. Selanjutnya kita akan terus membina atlit-atlit terbaik Pidie Jaya yang sudah dipersiapkan, diantaranya atlit-atlit para juara di Popda untuk berlaga di even PORA selanjutnya," pungkas Munawir juga Ketua IGORNAS Pidie Jaya.

Kadisporapar Pidie Jaya, Saifuddin MPd secara khusus mengapresiasi seluruh atlet Kontingen Pidie Jaya di Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV 2022 Pidie atas torehan prestasinya meskipun tidak memenuhi target 10 besar yang diinginkan dan belum mampu memperbaiki peringkat dari PORA VIII tahun 2018 yang dilaksanakan di Aceh Besar.

"Kita bersyukur atas capaian prestasi ini, walaupun ada yang belum sesuai target. Kami bangga atas capaian medali yang dipersembahkan atlet Pidie Jaya yang sudah berjuang maksimal mengerahkan segala kemampuan selama pertandingan." ungkapnya.

Ucapan terimakasih kepada seluruh panitia, pimpinan kontingen, sekretariat, pelatih dan seluruh tim serta Insan pers yang telah mendukung Kontingen Pidie Jaya hingga bisa mengikuti even PORA dengan lancar dan maksimal. Juga terutama masyarakat Pidie Jaya juga semua pihak atas do'anya," pungkas Saifuddin.

Saifuddin juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Pidie Jaya H. Aiyub Bin Abbas dan Wakil Bupati Pidie Jaya H Said Mulyadi serta jajaran Forkopimda Pidie Jaya lainnya yang telah mendukung dan memotivasi atlet selama berlangsungnya PORA XIV Pidie.Adapun hasil perolehan medali kontingen Pidie Jaya diperoleh dari cabor:

1. Panahan (2 emas, 3 perak, 3 perunggu)
2. Muaythai (2 emas, 1 perak, 3 perunggu)
3. Kempo (2 emas, 3 perunggu)
4. Atletik (1 emas, 2 perak)
5. Pencak Silat (1 emas, 2 perunggu)
6. Senam (1 perak, 2 perunggu)
7. Karate (1 perak, 1 perunggu)
8. Tinju (1 perak, 1 perunggu)
9. Basket (1 perak)
10. Taekwondo (4 perunggu)
11. Tenis Meja (1 perak)
Untuk Cabor Bermotor, Takraw, Arung Jeram, Menembak dan Petanque belum mampu meraih prestasi dalam PORA XIV kali ini. Semoga PORA XV di Aceh Jaya mendatang mampu mengukir prestasi. (*)