08 September 2024
Olahraga

Pidie Jaya Hanya Ikuti 8 Cabor di POPDA Aceh 2024

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) setempat, dipastikan ikut ambil bagian, dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh Ke-XVII Tahun 2024.

Berdasarkan jadwal, event olahraga dua tahunan bagi kalangan pelajar tingkat provinsi Aceh ini, akan dilangsungkan pada tanggal 6 - 13 Juli 2024, di Kota Idi Kabupeten Aceh Timur.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pidie Jaya, Saifuddin melalui Kabid Olahraga, Asril, Rabu (3/7/2024) mengatakan ada tujuh cabang olahraga (cabor) yang siap diikuti oleh pelajar asal Pidie Jaya dari 16 cabor yang dipertandingkan ditambah satu cabor eksebisi.

"Pidie Jaya hanya mengikuti 7 cabor yang dipertandingkan dan 1 cabor eksibisi. Kita mengirim cabor yang sudah menyatakan kesiapan dari masing-masing Pengcab. Kontingen Pidie Jaya akan memboyong 36 atlet dalam Popda 2024 di Aceh Timur. Dengan anggaran yang disediakan sebesar Rp. 150.000.000," sebut Asril.

Untuk atlet dalam menghadapi POPDA Aceh di Aceh Timur, sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh pelatih masing-masing cabor. Adapun pelatihan dan pembinaan dilakukan  secara mandiri oleh pelatih sesuai pola dan program masing-masing-masing. Tambahkannya

"Secara kesiapan tanding sudah dipersiapkan, sejumlah 38 atlit dari 7 Pengcab  yang dipastikan turun dalam ajang POPDA ini dengan segala persiapan-persiapan." Tandas Asril

Adapun cabang olahraga yang diikuti Kontingen Pidie Jaya dalam event ini antara lain, Atletik, Silat, Kempo, Taekwondo, Tinju, Panahan, dan Tenis Meja. Sementara Cabor Petanque dipertandingkan secara eksibisi. Dengan total jumlah kontingen 56 orang, terdiri dari: 36 atlet, 8 pelatih, 4 asisten pelatih dan official 8 orang.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XVII Provinsi Aceh Tahun 2024, akan mempertandingkan/memperlombakan 16 Cabang Olahraga, yaitu: Atletik, Sepakbola, Bola Volly, Bola Basket, Karate, Pencak Silat, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Panahan, Anggar, Kempo, Tarung Derajat dan Tinju. Serta satu Cabor Petanque dipertandingkan secara eksebisi. (*)