17 September 2024
Daerah

Penghijauan Masjid Al-Huda: Sinergi KUA Kota Baharu dan Warga Desa

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Kementerian Urusan Agama bersama Pemerintah Desa Danau Bungara dan Remaja Masjid Al-Huda di Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil, menggelar kegiatan penghijauan pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan penanaman berbagai jenis tanaman di pekarangan Masjid Al-Huda, dengan tujuan memperindah dan menghijaukan area sekitar masjid. Kegiatan ini berlangsung dengan semangat kebersamaan antara pemerintah desa, pengurus masjid, dan para remaja masjid yang antusias berpartisipasi.

Kamraini, S.Ag.,Kepala Kantor Kementerian Agama Kecamatan Kota Baharu menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan ini merupakan bagian dari upaya menjaga kelestarian alam sekaligus mempercantik lingkungan masjid. Dengan tema "peduli negeri," kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. "Kami disambut baik oleh jajaran pemerintahan desa dan pengurus masjid, serta mereka juga ikut berpartisipasi menanam tanaman penghijauan di sekitar masjid," ujarnya.

Beragam jenis tanaman ditanam dalam kegiatan ini, termasuk ketapang laut dan kelapa. Kamraini menjelaskan bahwa ketapang laut dipilih untuk memperindah area parkir, sementara kelapa diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman produktif yang menghasilkan buah di masa mendatang. Penanaman ini tidak hanya bertujuan untuk keindahan, tetapi juga untuk meningkatkan ketahanan lingkungan sekitar masjid.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Desa Danau Bungara. Pemerintah desa, pengurus masjid, dan para remaja masjid bahu-membahu dalam menanam dan merawat tanaman-tanaman tersebut. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk lebih memperhatikan lingkungan dan melakukan penghijauan di wilayah mereka.

Kamraini mengakhiri dengan harapan agar semua pihak terus menjaga tanaman yang telah ditanam, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. "Alhamdulillah, semua tanaman sudah kita tanam. Kami berharap, dengan kebersamaan ini, kita dapat menjaga dan merawat tanaman-tanaman ini agar tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi kita semua," tutupnya. (Khairi)