17 September 2024
Daerah

Kodim Aceh Utara Bersama BMA Khitan Gratis 65 Anak keluarga Miskin di Tanah Luas

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKomando Distrik Militer (Kodim) 0103/ Aceh Utara kembali melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat miskin di Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara. Kali ini berkerjasama dengan Baitul Mal Aceh (BMA), menggelar khitanan massal gratis untuk 65 anak-anak keluarga miskin di Klinik Yayasan Meutuah, Jalan Exxon Mobil A1 Gampong Paya Kec. Tanah Luas, Rabu (10/07/2024). 

Sejak pagi anak-anak yang mau dikhitan didampingi orang tuanya sudah mendatangi lokasi kegiatan. Dinas Kesehatan Kab. Aceh Utara juga mengirim tim medis untuk mendukung kegiatan ini. Walaupun diawalnya anak-anak terlihat tegang namun mereka tetap terlihat tenang terlebih setiap anak juga diberikan bingkisan menarik.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Dandim 0103/AUT, Letkol Kav Makhyar, S.T., M.M., M.H.I  yang didampingi oleh ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 0103 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda Ny.Raena Maidelsa, S.T.

Dandim 0103/AUT Letkol Kav Makhyar, mengatakan kegiatan tersebut sebagai ajang mempererat silaturrahim antara prajurit dengan masyarakat juga sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat kurang mampu terutama keluarga yang memiliki anak laki-laki namun kesulitan biaya untuk khitan. Apalagi biaya khitan ini tidak dicover dalam layanan BPJS Kesehatan. 

"Sedianya Pak Danrem 011/LW Kolonel Inf Ali Imran ingin sekali hadir disini bersama anak-anak, tapi karena bersamaan dengan tugas lain beliau minta saya mewakili. Pak Danrem menyambut baik kegiatan mulia ini, bahkan beliau ikut menyumbang dari kantong pribadi supaya anak-anak yang disunat bisa lebih banyak," jelas Dandim.

"Ini sebagai sarana silaturrahim sekaligus berbagi kebahagian dan bukti kontribusi nyata serta wujud peduli kami sebagai prajurit TNI yang lahir dari dan selalu bermanunggal dengan rakyat. Insya Allah kami akan tetap berusaha membantu masyarakat terutama masyarakat miskin dengan kemampuan dan kekuatan yang kami miliki," tegas mantan Kasiter Korem 011/LW yang dikenal dekat dengan para ulama dan akrab dengan masyarakat ini. 

Letkol Kav Makhyar juga menyampaikan pesan dan harapan Danrem 011/LW Kolonel Inf Ali Imran kepada anak-anak untuk tetap rajin belajar, patuhi orang tua dan semoga menjadi anak-anak yang salih, berguna bagi keluarga, bangsa dan agama. 

Sementara itu Kabid Umum Sekretariat BMA, Didi Setiadi, S.Sos. dalam sambutannya mengatakan BMA sangat mengapresiasi Kodim 0103/AUT atas terlaksananya kegiatan ini karena dapat membantu mustahik lebih banyak. Selain itu manfaatnya juga bisa langsung dirasakan oleh anak-anak dan keluarga mereka serta ini sebagai upaya menambah kepercayaan para muzakki kepada BMA. 

"Kami berharap kegiatan baik ini serta dukungan dari BMA bisa membantu meringankan beban hidup saudara-saudara kita dari keluarga kurang mampu di Aceh Utara. Semoga anak-anak cepat sembuh dan menjadi amal jariah buat kita semua," harap Didi. 

Salah satu orang tua dari anak yang dikhitan Kartini (44), ibu kandung dari M Haikal (14) mengatakan anaknya sudah yatim sejak ayahnya M Yusuf meninggal dunia sekitar 2 tahun lalu. Haikal juga termasuk anak penyandang disabilitas sensorik yaitu tuna rungu. 

Kartini menambahkan sebagai orang tua tunggal dengan tanggungan 3 anak dan berpenghasilan pas-pasan kegiatan ini sungguh sangat bermanfaat di tengah keterbatasan ekonomi keluarga. 

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Dengan adanya khitanan massal tersebut sehingga salah satu hajat saya sudah terwujud karena anak saya yang  sudah kelas 2 SMP sangat ingin sekali disunat tapi terkendala biaya, Alhamdulillah kali ini bisa terlaksana," ungkap Kartini.

"Tak lupa kami ucapka terima kasih banyak kepada Korem Lilawangsa, Kodim Aceh Utara, BMA dan semua pihak yang telah membantu kami, semoga Allah SWT membalas kebaikan bapak ibu semuanya,” ucap warga Gampong Manyang Seuleumak Barat yang bekerja sebagai buruh cuci pakaian ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya , Direktur Klinik Meutuah dr Bustanil Fadli, Kabag Ops Polres Aceh Utara Kompol Firdaus Jufrida, serta Asisten 1 Pemkab Aceh Utara Dr Fauzan. Anggota MPU Aceh Utara Tgk Hamdani M Jalil, Plt Camat Tanah Luas Bahtiar SE, Danramil 10/Tnl Kapten Inf Bahtera Luking Purba, serta para peserta sunat massal, dan undangan lainnya.