06 September 2024
Daerah

KKN Melayu Serumpun Gampong Krueng Tunong Gelar Kegiatan Children Qur'ani Festival

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Children Qur'ani Festival merupakan salah satu program kerja yang di agendakan dalam rancangan kegiatan Mahasiswa KKN MS Gampong Krueng Tunong. Kegiatan festival ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juli 2022 dari pukul 20.00 WIB sampai 22.30 WIB. Pelaksanaan program kerja ini dilaksanakan di Meunasah Gampong Krueng Tunong. Di buka dan di tutup langsung oleh Abah Basri selaku Imam Masjid Gampong Krueng Tunong. "Kami dari masyarakat Gampong Krueng Tunong sangat berterima kasih kepada adik adik mahasiswa KKN MS yang telah menyelenggarakan kegiatan positif di Gampong ini" ucap beliau dalam pembukaannya, beliau menghimbau kepada masyarakat agar ikut serta dalam menyukseskan acara yang telah di selenggarakan tersebut. Festival anak merupakan suatu kegiatan yang khusus diperuntukan bagi anak-anak yang bertujuan untuk memberikan rasa kepercayaan diri untuk menunjukkan kemampuan anak, melatih sportivitas, dan memberikan kegiatan hiburan bagi anak-anak. "Tujuan di selenggarakannya Children Qur'ani Festival yaitu untuk membangun, mengasah, dan memotivasi semangat belajar adik-adik TPA Gampong Krueng Tunong" ucap Galih Faturrahman selaku Ketua Panitia. 

Pemilihan anak-anak sebagai target kegiatan ini yaitu karena anak-anak di Gampong Krueng Tunong setiap harinya belajar mengaji di TPA Gampong tersebut, sehingga lomba ini dapat di jadikan parameter kualitas individu masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta dengan kategori 4 cabang lomba yaitu hafalan do'a sehari-hari, hafalan surah pendek, praktek shalat subuh serta tartil qur'an yang di nilai oleh 4 orang juri, diantara nya Tgk. Baihaqi, Tgk. Hidayat, Tgk. Rahmani dan Ustadzah Nuraibi. Namun, dalam pelaksanaannya, setiap lomba yang dilaksanakan ini di koordinir dan di awasi oleh mahasiswa KKN MS. Pelaksanaan lomba berjalan dengan sangat lancar dan sangat mengembirakan, karena anak-anak dari TPQ sangat mudah di atur. Selain itu, anak-anak juga sangat antusias dalam mengikuti berbagai lomba, sehingga perlombaan sangat seru. Anak-anak yang mengikuti perlombaan surat pendek ini tidak bisa memilih langsung surat yang ingin mereka baca, namun harus mengambil undian dan membacakan surat yang sesuai dengan tulisan di kertas tersebut, begitupun dengan lomba tartil dan lomba hafalan surah pendek. Berbeda dengan lomba sholat subuh yang prakteknya dilaksanakan hanya satu raka'at untuk mempersingkat waktu "peserta yang budiman, untuk cabang lomba sholat subuh cukup satu raka'at saja untuk mempersingkat waktu, tapi sholat subuh tetap dua raka'at ya kalau di rumah, masjid" tutur Ustadzah Nuraibi selaku juri. Pelaksanaan lomba festival anak ini merupakan proker akbar dari kegiatan KKN MS Gampong Krueng Tunong.

Hemat penulis, selamat kepada para peserta yang telah meraih juara 1, 2, dan 3 pada setiap cabang lomba. Akhirnya, kegiatan Children Qur'ani Festival terealisasikan dengan baik yang mana kegiatan ini juga salah satu proker Mahasiswa KKN MS Gampong Krueng Tunong. Permohonan maaf dan terimakasih di ucapkan kepada seluruh masyarakat Gampong yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Semoga kegiatan ini selalu memberikan dampak yang positif bagi adik-adik. (**)