17 September 2024
Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Pidie Jaya : Lakukan Pengawasan Tahap Pemilu Berjalan Sesuai SOP

LIPUTANGAMPONGNEWSID - Seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Pidie Jaya agar melakukan pengawasan tahap pemilu berjalan sesuai SOP. Jangan sampai malas dalam menghadiri setiap kegiatan berkaitan dengan Pemilu, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten agar tetap terpantau.

Hal tesebut disampaikan Ketua Bawaslu Pidie Jaya, Fajri M Kasem dalam pembukaan rapat Konsolidasi Pengawasan Taha Pemilu Dengan Pemgawasan Ad-hoc yang dilaksanakan di Hotel Ananda Meureudu, Sabtu (19/11/22).

Lanjut Fajri, kita sebagai pengawas pemilu harus paham terkait tahapan yang dilakukan oleh KIP, sehingga  kita bisa memastikan apa yang dilakukan oleh KIP sesuai dengan SOP. Dengan demikian tidak akan terjadi kesalahan dan kecolongan dalam pengawasan tahap tahapan pemilu. Sehingga kegiatan kita tidak akan diragukan  lagi oleh masyarakat dalam pengawasan tahap tahapan pemilu." katanya

"Apalagi dengan berkembangnya zaman yang modern, situasi sudah canggih sehingga kita juga harus bisa mengawasi terkait perkembangan media sosial, dan semua itu sudah diatur dalam regulasi. Kita juga harus memahami terkait media sosial mana yang harus diawasi," ketus Fajri

Tambahnya, Disitulah kita harus berdiskusi, mengawasi terkait hal-hal yang janggal dalam melaksanakan tugas sehingga perlu kita pelajari bersama antara Bawaslu kabupaten dengan  Panwascam. 
 
Agar semua kegiatan terkait tahap demi tahapan pemilu berjalan sesuai SOP dan ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, saling mengisi antara satu sama lain. Mari sama- sama diskusi terkait pengawasan pemilu berbasis tehnologi." ajak Ketua Bawaslu Pidie Jaya

Diikuti oleh ketua dan anggota Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Pidie Jaya, agenda yang akan dibahas adalah menyangkut Pengawasan Pemilu berbasis Digital  disampaikan oleh Iskandar Norman (Jurnalis Senior) serta Penguatan peran pengawas Ad-hoc untuk Pemilu serentak 2024 oleh Teuku Kemal Fasya (Dosen Antropologi Fisip Unimal).

Pantauan media ini, rapat yang ikut dihadiri komisioner, Agmar Media dan Koordinator Sekretariat, Teuku Dian berjalan efektif dengan suasana aktif oleh peserta. (**)