29 Maret 2024
Pendidikan

Disdik Pidie Jaya Pilih 16 GTK Berprestasi

Liputangampongnews.id - Sesudah mengikuti seleksi selama 3 hari, sejak Selasa (20/8), sejumlah 16 guru dan tenaga kependidikan (GTK) berprestasi di Kabupaten Pidie Jaya. Para Juara nantinya akan mewakili Pidie Jaya ke tingkat Provinsi Aceh.

Dinas Pendidikan (Disdik) Pidie Jaya mengumumkan nama-nama peserta sebagai pemenang Guru berprestasi Tingkat Kabupaten mulai dari pengawas sekolah, kepala sekolah (Kepsek), Guru TK/ SD/SMP dan kepala SD terpencil/ berdedikasi dan kepala Administrasi, beserta tenaga pustaka di ruang Aula Bappeda setempat, Kamis (12/8/2021)

Ketua tim penilai Ernawati M.Pd menyampaikan, ada 39 peserta dalam kegiatan tahun ini. Sejumlah 16 guru berprestasi yang terpilih sebagai para pemenang, sudah terdata berdasarkan Surat Keputusan (SK)  yang diperlihatkan kepada awak media, di sela sela acara.

​​​​​​Adapun rincian pemenang dari 8 katagori yang diperlombakan , yaitu: Kategori  Kepala SMP yang berprestasi,  Juara l diraih oleh Muliadi S.Pd (kepala SMPN 1 Meurah Dua). Juara ll Ainol Mardhiah S.Pd (kepala SMPN 4 Bandar Baru).

Selanjutnya, Pemenang kategori Kepala SD, Juara l Rahmadani S.Pd (kepala SDN 6 Meureudu). Juara ll Sri Hidayati S.Pd (kepala SDN 15 Bandar Baru), dan Juara lll Fitriah S.Pd (kepala SDN 6 Ulim).

Katagori guru SMP, Juara l, Zahniar S.Pd.I (SMPN 2 Ulim), Mursyidah S.Pd (SMPN 8 Bandar Baru), dan Juara lll, Nurhayati S.Pd.I merupakan guru SMPN 1 Trienggadeng.

Dengan peserta paling banyak mencapai 12 12, Kategori Guru Berprestasi tingkat Sekolah Dasar (SD), terpilih sebagai Juara l Romi, S.Pd (SDN 3 Bandar Dua),  Juara ll, Cut Hamidah, S.Pd (SDN 1 Ulim), dan Juara lll Nora Rahayu, S.Pd (SDN 28 Bandar Baru).

Kemudian, Kategori Guru TK berprestasi diraih Nailatul Firda S.Pd (TK IT Ceudah Mulya). Pengawas SMP berprestasi Suryani S.Pd dari Dinas Pendidikan serta Kepala Administrasi SMP berprestasi, Hamdan S.Sos (Kepala SMPN 1 Bandar Baru).

Kategori Tenaga Kepustakaan SMP, untuk Juara l, Azizah (SMPN 8 Bandar Baru) dan Juara ll Rosidawati S.Pd (SMPN 1 Bandar Baru).

Guru SMPN 1 Trienggadeng, Nurhayati Ismail, S.Pd.I, peserta katagori guru berprestasi tingkat SMP mengatakan, dirinya sangat terharu atas apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pidie Jaya dalam melaksanakan kegiatan ini.

"Saya sangat bersyukur karena sudah mendapatkan penghargaan yang luar biasa, tentu apa yang beliau berikan pasti sangat bermanfaat untuk kami dalam mengemban tugas selaku pengajar demi mencetak generasi yang cerdas serta berakhlaturkarimah untuk Pidie Jaya," kata Nurhayati

Saat ditemui awak media, Kepala dinas pendidikan (Kadisdik)  Pidie Jaya, M Nasir S.Pd diruang kerjanya menyampaikan, kami (dinas) telah melaksanakan seleksi guru berprestasi dalam tiga hari berturut-turut. “Setelah itu, para guru berprestasi akan dikirim dan ikut dipertandingan ke tingkat Provinsi dan nasional," jelasnya.

Dalam mengikuti perlombaan guru berprestasi tingkat nasional, jika nantinya guru Pidie Jaya bisa mewakili Aceh mendapat prestasi, baik juara l, juara ll maupun juara lll, kita akan memberikan hadiah umrah bagi guru berprestasi dari Pemkab Pidie Jaya," janjinya

"Hadiah itu merupakan sebagai wujud terimakasihnya kepada para guru. Namun hal seperti ini, juga sudah pernah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pidie Jaya di tahun yang lalu". sebut Nasir

Kadis juga menambahkan, walaupun ada pemenang di tahun yang lalu pengawas sekolah yang belum diberangkatkan umrah, itu disebabkan suasana masih dalam masa pandemi Covid-19, dan tidak bisa kita lakukan perjalanan umrah ke tanah suci, Insya Allah jika situasi dan kondisi memungkinkan akan kita berangkatkan sekalian dengan peserta yang mendapat juara kali ini.

"Semua GTK (guru) yang berprestasi bisa menjadi contoh yang baik dan teladan bagi guru atau peserta lainnya, siswa dan lingkungan ekosistem pendidiknya". akhiri Kadis mengakhiri pertemuan. (***)