29 Maret 2024
Ekbis

Demi Data Berkualitas Disperindagkop Pidie Jaya Lakukan ini

Foto : Azharyadi, S.Pi.,M.M Kabid Pengembangan Perdagangan Disperindagkop Pidie Jaya | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kabupaten Pidie Jaya, memprogramkan komoditi hasil perkebunan di Pidie Jaya bisa tembus pasar global.

Demi mendapatkan data berkualitas,  Disperindagkop melalui Bidang Pengembangan Perdagangan lakukan pendataan pedagang dan pengumpul hasil perkebunan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya.

Kepada Liputangampongnews.id disela kesibukannya, Azharyadi, S.Pi.,MM, Kabid pengembangan pedagangan, Rabu (22/9) mengatakan program pendataan ini dimanakan identifikasi pelaku usaha export dan import di Kabupaten Pidie Jaya.

​​​​​​

"Kami melakukan ini bertujuan supaya mendapatkan data konkrit jumlah hasil bumi di Pidie Jaya, meliputi: Pinang, Kakao, Kelapa dalam (kopra) dan Kelapa Sawit. Dimana informasi terkait jumlah komoditi perkebunan yang keluar/masuk dari wilayah Pidie Jaya sangat sulit didapatkan datanya," cerutu Arikhan sapaan akrab dari Azharyadi yang baru dilantik sebagai Kabid export impor.

Lanjut ia, keempat komoditas perkebunan tersebut menjadi andalan komoditi hasil perkebunan asal pidie jaya. Perlu diketahui ada 10 komiditas yang diminati pasar global, yakni: kakao, kopi, karet, kelapa, lada, tebu, cengkeh, pala, teh dan jambu mente.

Namun dengan adanya inovasi dan kolaborasi oleh beberapa pihak terkait, sedikit banyaknya bisa membantu data maupun informasi arus barang yang keluar masuk dari Aceh khususnya Pidie Jaya," papar Arikhan

"Jika data jumlah pedagang dan pengumpul hasil perkebunan di Pidie Jaya sudah konkrit, sehingga dibuat sebuah forum khusus nantinya serta akan dibina menjadi lebih baik lagi serta diberi informasi terkait regulasi export dan impor serta harga juga kouta permintaan dari luar negeri," sebut Arikhan

Jika diantara mereka ada yang mempunyai keinginan yang kuat dan berminat menjajaki pasar luar negeri, Insyaallah kita siap mendampingi," akuinya dengan penuh semangat

Terakhir Kabid Ekspor-impor menyampaikan melalui media ini, bagi pelaku usaha khusus di wilayah pidie jaya, silakan daftar dan isi biodata nya di: https://form.jotform.com/DISPERINDAGKOPPIJAY/potensi_perkebunanPijay. (***)