19 April 2024
Daerah

Dandim Bireuen Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P memimpin jalannya Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 01 Oktober 2022 bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0111/Bireuen Jl. Medan-Banda Aceh Desa Blang Bladeh Kec. Jeumpa Kab. Bireuen, Sabtu (01/10/2022).

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini diikuti oleh Seluruh Personel Militer dan PNS Kodim 0111/Bireuen beserta Jajaran. Turut hadir diantaranya Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P, Kasdim 0111/Bireuen Mayor Arh. Ronald Samosir, Para Perwira Staf, Para Danramil dan Danpos Ramil Jajaran Kodim 0111/Bireuen serta seluruh Personel Kodim 0111/Bireuen.

Dalam Upacara peringatan tersebut dilaksanakan pembacaan Ikrar yang isinya adalah “Dengan Rakhmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik lndonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik lndonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa lndonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai- nilai Luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik lndonesia.

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan,menegakan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik lndonesia. memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik lndonesia”.

Dalam kesempatan yang berbeda Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P menerangkan bahwa dengan adanya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan Ideologi Pancasila dapat terpatri dan tertanam didalam jiwa tiap-tiap warga Negara.

“Melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita senantiasa bersama dalam menjaga keutuhan bangsa dan Negara ini dengan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila karena Pemersatu bangsa kita adalah Pancasila walaupun beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan semua dipersatukan oleh Pancasila, untuk itu harapannya Ideologi Pancasila terus ditanamkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, ” Tutur Dandim.

Pewarta : Adi Saleum