30 April 2024
Gampong

Curiga Dengan Harga Tenda, Pemuda Gampong Blang Samagadeng Minta Inspektorat Audit Dana Gampong

Liputangampongnews.id - sejumlah warga Gampong Blang Samagadeng Kecamatan Pandrah Kabupaten Bireuen, meminta pihak Inspektorat Kabupaten setempat, untuk segera mengaudit Dana Desa (DD) di Gampong setempat. Warga menilai pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2021 tidak mengedepankan transparansi dan tidak jelas pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Hal ini berawal dari pengadaan tenda di Gampong yang dicurigai tidak sesuai harga yang sebenarnya. Informasi yang berkembang dari mulut ke mulut warga, bahwa harga tenda sebesar Rp12 juta lebih tidak sesuai.

Fadlon, tokoh pemuda Gampong Samagadeng kepada awak media ini, Jumat, 10 Desember 2021 mengatakan semua masyarakat pasti tau harga tenda dengan yang ukuran sekecil itu, mana mungkin Rp12 juta lebih," pertanyakan ia.

"Kami ingin tau harga yang sebenarnya, dan kami curiga jika harganya sejumlah itu dikendalikan oleh oknum-oknum tertentu, apakah benar?. Warga tidak bisa dapatkan fakta, dimana musyawarah saja tidak bisa dilakukan Gampong Blang Samagadeng alias dipersulit karena alasan covid-19," cerutu Fadlon

Warga meminta kepada Inspektorat Kabupaten Bireuen untuk melakukan audit mengenai keuangan Gampong Samagadeng, terkait pembangunan dan anggaran belanja Gampong .

Secara terpisah Geuchik Gampong Blang Samagadeng, M.Nur Yadi mengatakan harga tenda yang ada di samping kantor geuchik (meunasah) memang benar harganya sebesar Rp12.500.000,-. Barang tersebut  yang dibeli oleh ketua Apdesi geuchik.

Ketika media bertanya mengenai masalah pembangunan  lainnya (pintu gerbang), geuchik M.Nur menjawab jangan banyak tanya saya sedang sibuk .

Camat Pandrah Kabupaten Bireuen Salamuddin menjelaskan bahwa pihak Inspektorat Kabupaten Bireuen dalam  tahun 2021 ini telah mengintruksikan kepada kecamatan untuk memetakan gampong- gampong yang beresiko dalam penyalahan penggunaan anggaran.

 "Insyaallah hari Senin, 13 Desember 2021 akan saya layangkan surat ke kantor sekretariat inspektorat Kabupaten Bireuen , supaya tim audit inspektorat yang memutuskannya, permasalahan keuangan anggaran dana agampong Blang Samagadeng." tutup Salamuddin. 

Pewarta : Adi Saleum