19 April 2024
Gampong

Rumah Janda Ini Nyaris Roboh, Rumah Bantuan Tak Kunjung Siap

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Salah seorang janda di Gampong Leubue Trienggadeng, Kecamatan Leubeu, Kabupaten Bireuen terpaksa menetap digubuk reot. Disebabkan rumah bantuan rehab tak kunjung siap terkendala dengan biaya.

Badriah, janda tua yang kini berusia (60) tahun itu menempati gubuk tua yang hampir roboh. Bangunan tua nan usang itu terbuat dari rangka kayu berdinding bambu dan beratapkan rumbia dengan berlantaikan tanah.

Miris, melihat kondisi Badriah yang usianya semakin tua itu harus mendiami gubuk reot yang nyaris roboh itu ditemani oleh tiga orang anaknya.

Sedangkan rumah bantuan rehab sampai kini belum bisa dihuni, kata Badriah kepada Adi Saleum pewarta media liputangampongnews.id, Minggu (06/2/2022).

Sudah banyak yang datang menyambangi rumahnya, tapi hanya sekedar foto-foto tak ada yang membangun rumah saya. Mungkin mereka datang hanya sekedar berfoto saja, katanya.

Akhirnya, saya dapat bantuan rumah rehab, karena rumahnya sudah tidak mungkin direhab lagi saya bangun baru, katanya. Setelah dibangun saya terkendala dengan biaya, makanya sampai kini rumah itu tak kunjung siap.

"Untuk dana rehab rumah saya hanya dibantu dalam bentuk material berupa 8 tiang kayu, 50 lembar atap seng dan 40 lembar papan sedangkan yang lain harus saya tanggung sendiri," ujarnya sedih.

Untuk menyelesaikan rumah ini saya harus mengumpulkan uang lagi, sedangkan kondisi keuangan keluarga kami serba kekurangan, ucapnya.

Penghasilan saya tidak menentu, keseharian saya bekerja sebagai buruh tani disawah, itupun kalo lagi musim tanam.

Sudah lumayan banyak dana yang saya habiskan untuk menyelesaikan rumah bantuan rehab, kata dia. Yang penting bisa saya tempati dulu.

Badriah berharap, ada dermawan yang mau membantu untuk menyelesaikan pembangunan rumahnya.

Semntara itu, Khairul Keuchik Gampong setempat membenarkan bahwa Badriah mendapatkan bantuan Sosial rumah rehab dengan pagu anggaran per satu unit rumah Rp.17 juta, kata Keuchik kepada pewarta media ini via seluler, Minggu (6/2).

Sebelumnya, Keuchik sudah memberitahukan kepada Badriah bahwa dirinya hanya mendapatkan bantuan rumah rehab, namun Badriah nekat membangun rumah baru dengan dana sendiri, pungkasnya.

Pewarta: Adi Saleum