25 April 2024
Internasional

China Dukung Rusia dan Ukraina untuk Menyelesaikan Masalah Melalui Negosiasi

Foto : Dok. detiknews | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (25/2), di tengah invasi Rusia yang berlangsung di Ukraina.

"Xi Jinping mengatakan dia mendukung penyelesaian krisis Ukraina melalui negosiasi."

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (25/2/2022), media pemerintah China, CCTV melaporkan bahwa dalam pembicaraan via telepon itu, Xi menekankan bahwa "situasi di Ukraina telah mengalami perubahan yang cepat ... (dan) China mendukung Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan masalah melalui negosiasi".

Diketahui bahwa pasukan Rusia telah meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2), setelah berminggu-minggu upaya diplomatik gagal mencegah Putin meluncurkan operasi militer.

Kepada Putin, Xi mengatakan bahwa penting untuk "meninggalkan mentalitas Perang Dingin, mementingkan dan menghormati masalah keamanan yang wajar dari semua negara, dan membentuk mekanisme keamanan Eropa yang seimbang, efektif dan berkelanjutan melalui negosiasi".

Dalam percakapan tersebut, Putin menjelaskan alasan Rusia meluncurkan "operasi militer khusus", dan mengatakan kepada Xi bahwa NATO dan Amerika Serikat telah "lama mengabaikan masalah keamanan yang wajar dari Rusia".

Putin juga mengatakan kepada Xi bahwa Rusia siap mengadakan pembicaraan "tingkat tinggi" dengan Ukraina.

Xi pun mengatakan China "bersedia bekerja dengan semua pihak di komunitas internasional untuk mengadvokasi konsep keamanan bersama, komprehensif, kooperatif dan berkelanjutan, dan dengan tegas menjaga sistem internasional dengan PBB sebagai intinya". (detiknews)