19 April 2024
Gampong

62 Gampong di Pidie Jaya Cairkan APBG Tahap II, Sementara BLT-DD Tahap I Belum Selesai 100 Persen.

Foto : Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) DPMG Pidie Jaya, Said Fachrulrazi, SKM, S.Sos, M.Si | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pidie Jaya (Pijay) sejak satu bulan lalu telah menuntaskan pencairan dana Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) bagi 222 gampong yang tersebar di delapan kecamatan. Fokus penggunaannya untuk bantuan langsung tunai (BLT).

Plt. Kepala DPMG Pidie Jaya, Abu Bakar, S.Sos melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM), Said Fachrulrazi, SKM, S.Sos, M.Si, Kamis (1/7) kepada  Liputangampongnews.id, mengatakan, secara keseluruhan dana APBG bagi 222 gampong di Pidie jaya untuk tahap pertama telah mencapai 100 persen. Sementara Dana Desa/ Gampong tahap kedua baru masuk ke rekening kas 62 gampong atau 28 persen.

Berdasarkan update terakhir per 29 Juni 2021, pencairan BLT yang sudah dilakukan 100 persen hanya untuk bulan Januari dan Februari 2021 saja. Perlu diketahui, baru 25 gampong dari 222 gampong se Pidie Jaya yang sudah selesai membagikan BLT sampai dengan bulan Mei.

Sementara BLT-DD bulan Maret 2021, khusus Kecamatan Trienggadeng dan Panteraja sudah selesai pencairan. Sedangkan 33 gampong lagi masih tersisa yang belum mencairkannya. Begitu pula pencairan BLT bulan April 2021, baru 85 gampong yang melakukan pencairan,” rinci Yed Razi

Menurut dia, terkait percepatan pencairan Dana BLT-DD, pihaknya sering meminta Keuchik Gampong dan Camat untuk mempercepat melengkapi persyaratan pencairan. Lambatnya penyaluran BLT ini dikarenakan administrasi kelengkapan dana desa yang masih kurang, sehingga BLT jatah Mei 2021 sudah bisa cair menjadi terhambat. Padahal semua APBG tahap pertama sudah masuk rekening kas gampong semuanya,” terang Said

“Laporan Pelaksanaan BLT-DD adalah laporan yang wajib dibuat dan dilaporkan oleh Keuchik Gampong kepada DPMG Pidie Jaya setelah kegiatan pelaksanaan penyaluran BLT-DD selesai. “Ayo selesaikan secepatnya proses pengajuan pencairan BLT-DD tahap selanjutnya. “Jak ukeu bek meusurot u likot”. Percepat proses dengan segera,” cerutu Kabid PEM.

Berdasarkan rekapan data, 33 gampong lagi masih tersisa yang belum mencairkannya, terdiri dari, Bandar Dua (10 gampong), Meureudu dan Bandar Baru masing-masing (6 gampong), Jangka Buya (5 gampong), Ulim (4 gampong) dan Meurah Dua (2 gampong).

Untuk diketahui, 25 gampong yang sudah bagikan BLT-DD tahap Mei 2021, yaitu terbanyak dari Kecamatan Bandar Baru ada 7 gampong (Cut Njong, Kayee Raya, Peub Lueng Nibong, Mns. Teungoh, Gampong Ara, Baroh Lancok dan JinJiem). Selanjutnya Kecamatan Trienggadeng ada 6  gampong (Mee Peuduek, Mesjid Peuduek, Dee, Keude, Paya dan Cot Lheue Rheng).

Sementara, Kecamatan Meureudu (Mesjid Tuha, Kota Meureudu, Manyang Lancok).  Untuk Panteraja (Muka Blang, Lhok Puuk, Teungoh). Kecamatan Ulim (Dayah Leubue, Keudee Ulim, Mns. Bueng). Kecamatan Jangka Buya (Keureusi Mns.Raya, Jurong Teungoh) serta Kecamatan Bandar Dua hanya gampong Beurasan. Hanya kecamatan Meurah Dua yang belum satu gampong pun yang sudah mencairkan dana BLT-DD. (***)