19 September 2024
Pemilu 2024

14 Calon PPK di Pidie Jaya Mangkir Tes Tulis, Peluang Ikut Tes Wawancara Hilang

Foto : Galeri foto pelaksanaan tes tulis berbasis CAT untuk PPK oleh KIP Pidie Jaya. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya telah selesai melaksanakan tahapan seleksi tes tertulis bagi para calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kegiatan seleksi tersebut dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) berlangsung seharian di Labkom SMA Negeri 1 Meureudu, Selasa (7/5).

Berdasarkan data yang dikumpulkan Liputan Gampong News, jumlah peserta tes tulis CAT ini sebanyak 120 orang yang dinyatakan lulus lolos seleksi administrasi dan memenuhi syarat. Namun, 14 orang diantaranya mangkir mengikuti tes tanpa ada keterangan.

Baca Juga: 120 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi Calon PPK Pilkada 2024 Pidie Jaya

Plh. Ketua KIP Pidie Jaya, Abdullah yang akrab disapa Cek Lah juga Ketua Devisi Sodiklih- Parmas & SDM mengatakan pelaksanaan tes CAT yang dilaksanakan dalam tiga sesi ini oleh KIP Pidie Jaya dalam rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan secara transparan.

"Peserta mengikuti tes diawasi dengan ketat oleh petugas. Kita pastikan bahwa dalam tes CAT ini, hasil nilai atau skor calon PPK langsung keluar usai peserta mengerjakan 75 soal dalam 90 menit serta hasilnya langsung ditempel print out-nya setelah semua selesai mengikuti tes," tegaskan Cek Lah.

Tes diikuti oleh 106 orang dari 120 calon anggota PPK. Ada 14 calon PPK dari 8 kecamatan di Pidie Jaya  tidak mengikuti proses seleksi tes tertulis atau tes CAT. Dan  mereka dipqstikan telah gugur." Papar Ketua Divisi SDM KIP Pidie Jaya ini.

Dengan demikian hanya 106 peserta calon PPK yang berhak mengikuti tes wawancara yang rencana akan dilaksanakan tanggal 11-13 Mei 2024 mendatang." Terangnya 

"Berarti 14 peserta yang mangkir tersebut, otomatis dinyatakan gugur atau mengundurkan diri. Dari semua yang telah mengikuti tes tulis, nantinya akan diambil 10 sampai 15 orang masing-masing kecamatan untuk tahap tes wawancara." Jelas Abdullah, Plh. Ketua KIP Pidie Jaya.

Adapun 14 peserta yang tidak mengikuti seleksi tulis diantaranya dari Kecamatan Trienggadeng sejumlah 4 orang dan Kecamatan Bandar Baru  dan Ulim masing-masing 1 orang.

Selanjutnya untuk Kecamatan Meureudu, Meurah Dua, Jangka Buya dan Bandar dua masing-masing 2 orang tidak hadir mengikuti tes tulis CAT. (*)