17 September 2024
Daerah

Tim PPK Ormawa DPM UTU Sah Diterjunkan Kelapangan Untuk Pengabdian Masyarakat di Desa Tertinggal

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID- Tim Program Pengembangan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teuku Umar (PPK ORMAWA DPM UTU) periode 2022/2023 telah di terjunkan kelapangan tepatnya di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya pada, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan hasil keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 2741/E2/KM.09.00/2022 tentang penilaian seleksi akhir Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada tanggal 31 Mei – 9 Juni 2022.

Adapun hasil pengumuman Penerimaan Bantua PPK Ormawa 2022 sebanyak 328 (tiga ratus dua puluh delapan) tim yang salah satu dari Tim PPK Ormawa DPM UTU

Hal tersebut disampaikannya lansung oleh ketua DPM UTU, Gus Mariadi yang diwakili oleh ketua Tim PPK Ormawa DPM UTU, Ego Ibnu Wijaksena kepada media, Rabu (6/7/2022)

"Alhamdulillah sudah dilakukan pelepasan Tim PPK Ormawa DPM UTU yang didampingi langsung oleh pihak bagian kemahasiswaan UTU dan beserta Dosen Pembimbing Tim PPK Ormawa DPM. Pada kegiatan pelepasan kita juga sudah mendengar lansung arahan baik dari pihak kemahasiswaan, dosen pembimbing maupun pihak pimpinan DPM UTU," ungkap Ibnu.

Lanjutnya ia mengatakan bahwasanya kegiatan tersebut dilakukan dengan program yang berjudul “Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Para Pihak Guna Mewujudkan Kampung Iklim Pada Ekosistem Gambut di Desa Sumber Bakti”.

Sementara itu pihak Kemahasiswaan Universitas Teuku Umar yang di wakili oleh Saudara Marhaban, SE kepada pewarta mengatakan mendukung dan ucapan sukses kepada Tim PPK Ormawa DPM UTU.

"Selamat dan sukses untuk lima bulan kedepannya kepada Tim PPK Ormawa, jaga nama baik kampus serta berikan seoptimal mungkin untuk kemajuan desa dimana kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni terkait pengabdian masyarakat, sehingga dari kegiatan tersebut ada impact untuk lokasi yang dilakukan implementasi program yang di ajukan," kata Marhaban.

Secara terpisah, perwakilan masyarakat Desa Sumber Bakti yang diwakili oleh Ahmadi Jafar mendukung penuh terkait kegiatan mahasiswa PPK Ormawa DPM di desanya, ia juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan impact dan output yang subtansi dan jika perlu bersifat berkelanjutan, disebabkan memang desa tersebut sangat masih tertinggal dari desa-desa lainnya.

"Kita mendukung penuh kegiatan mahasiswa PPK Ormawa ini, kami bangga ada mahasiswa yang mau melihat kondisi kami disini, meski desa kami tertinggal namun kami tetap akan terus menerus tamu siapapun itu disebabkan dengan banyaknya orang datang desa kami akan semakin dikenal. Harapannya mahasiswa yang melakukan di desa kami mampu memberikan perubahan baru khususnya dalam membangun desa kami agar lebih di kenal khalayak umum, serta juga dari kegiatan mahasiswa selama lima bulan kedelapan mampu memberikan impact dan output yang bersifat berkelanjutan," pungkasnya. (Gus Mariadi)