17 Mei 2024
Daerah

Tim Pidie Adventure Berhasil Kibarkan Merah Putih di Puncak Halimun Tangse

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID- Tim Pidie Adventure bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie, berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Halimun, Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie.

Tim yang beranggotakan delapan Pemuda tersebut mengibarkan bendera dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, dengan tajuk "Ekspedisi Merdeka Halimun Mountain 2022", Rabu (17/08/2023). 

Tim Ekspedisi Merdeka yang dilepas langsung oleh Pj. Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto M. Si, di Pendopo, pada Kamis 11 Agustus 2023 lalu, juga melakukan santunan kepada anak Yatim dan membagikan bendera kepada masyarakat Blang Pandak. 

Ketua Tim Pidie Adventure, Fakhrur Reza, kepada awak media mengatakan, pendakian tersebut merupakan wujud semangat pemuda untuk meraih puncak kemerdekaan. Bukti pemuda harus menjadi terdepan dalam keutuhan bangsa. 

"Pendakian gunung itu hanya sebuah kegiatan, namun semangat meraih puncak itu yang harus kita implementasikan sebagai wujud kekuatan bangsa ada di Pemuda. Pemuda harus kuat, kreatif dalam memajukan negara", jelasnya. 

Kami berjumlah delapan orang, dua diantaranya keterwakilan perempuan. Bukti perempuan Aceh itu kuat, dan mampu berjuang untuk tanah air, ujar Fakhrur Reza.

Kadisparpora Pidie, Edy Saputra S.I., M.M., mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian memperingati HUT ke-77 RI. Kali ini, Pemkab Pidie bekerja sama dengan Komunitas Penggiat alam dan lingkungan untuk ikut ambil andil dalam peringatan hari kebanggsaan. 

"Ini bagian sinergitas Pemerintah bersama masyarakat dalam memperingati HUT ke-77 RI. Gunung Halimun, adalah gunung bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia di Aceh, melawan Belanda. Karena semangat sejarah  tersebutlah, kita memilih pengibaran di Gunung Halimun", ungkapnya. 

Seperti diketahui, Gunung Halimun, merupakan benteng pertahanan terakhir kerajaan Aceh saat perang melawan Belanda. Kemudian perjuangan tersebut dilanjutkan menjadi perjuangan rakyat Aceh hingga Indonesia Merdeka. (AS)