08 September 2024
Pemilu 2024

Tes Wawancara Calon Panwaslih Kabupaten/Kota Zona 1 Berlangsung Lancar

Foto : Proses Wawancara Calon Panwaslih Kabupaten/kota Zona 1 Aceh | LIPUTAN GAMPONG NEWS

48 Peserta dari 4 Kabupaten/Kota Telah Selesai.

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Peserta calon Panwaslih kabupaten/kota di Zona 1 Aceh telah mengikuti tahapan penjaringan tes kesehatan dan saat ini sedang berlangsung tes wawancara untuk menjadi calon komisioner Panwaslih kabupaten/kota menuju tahapan terakhir uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertes).

Proses wawancara calon anggota Panwaslih Kab/Kota di Zona 1 Aceh telah dilaksanakan, sejak 17 Juli dan akan berakhir pada 21 Juli 2023 yamg berlangsung di di Hotel Permata Hati Banda Aceh.

Ketua Timsel Panwaslih Zona 1 Aceh Dr Yusrizal, S.H., M.H, mengatakan ada 48 peserta yang sudah mengikuti wawancara hingga hari ini, Rabu (19/7/2023) dari empat kabupaten/kota, yaitu Kota Sabang, Kabupaten Aceh Jaya, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. 

"Dari enam kabupaten/kota yang ada dalam Zona 1 Aceh, sisa dua Kabupaten lagi dari Pidie dan Pidie Jaya belum mengikuti seleksi wawancara. Ada 32 peserta lagi (Pidie 20 peserta dan Pidie Jaya 12 peserta) akan mengikuti  seleksi pada tanggal 19-21 Juli 2023." Sebut Yusrizal kepada Liputan Gampong News, Rabu (19/7) sore.

Lanjutkan ia, malam ini ada tiga peserta dari Kabupaten Pidie yang akan mengikuti tes wawancara. Sisanya akan dilanjutkan besok pagi, Kamis (20/7) sampai malam. Untuk peserta dari Kabupaten Pidie Jaya akan dilaksanakan pada hari Jum'at (21/7).

Saat proses wawancara, Timsel mengajukan pertanyaan terkait pendalaman pengalaman dan pengetahuan kepemiluan, dan karya tulis tentang demokrasi dan kepemiluan melalui Daftar Riwayat Hidup (DRH). Penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, serta klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat." Katanya

"Sejak pengumuman kelulusan administrasi hingga pengumuman tes tulis dan tes psikologi, Timsel Zona 1 Aceh telah menerima 110 tanggapan dan masukan masyarakat. Bahkan seluruh tanggapan dan masukan masyarakat tersebut dilakukan klarifikasi kepada peserta saat wawancara," ketus Dr. Yusrizal

Tambahnya lagi, setelah pelaksanaan wawancara, Timsel akan melakukan pleno penentuan hasil wawancara untuk seterusnya dikirimkan ke Bawaslu RI. Lalu hasil wawancara tersebut nantinya akan digabungkan dengan hasil tes kesehatan yang sudah dilaksanakan oleh RS Bhayangkari.

"Pengumuman hasil tes wawancara dan kesehatan tersebut rencana akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2023. Berarti dari 80 peserta yang ikut tes kesehatan dan wawancara di Zona 1 Aceh ini akan dipilih menjadi 6 (enam) besar dan 10 besar (Pidie)." Pungkas Akademisi Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe-Aceh Utara.

Enam nama di masing-masing kabupaten/kota itu akan diseleksi lagi menjadi tiga melalui proses fit and proper test yang dilakukan oleh Bawaslu RI pada tanggal 31 Juli - 3 Agustus 2023 mendatang." Sampaikan Dr Yusrizal yang juga Ketua Prodi Magister Hukum Unimal.

Untuk diketahui, ada tiga kabupaten yaitu Pidie, Aceh Utara dan Aceh Timur sejumlah 10 peserta yang dipilih mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk dipilih menjadi 5 komisioner Panwaslih yang menjabat.

Sementara jumlah peserta telah mendaftar menjadi calon anggota Panwaslih kabupaten/kota di Aceh mencapai 1.254 orang. Diantaranya pendaftar zona 1 sebanyak 379 orang, zona 2 (325 orang), zona 3 (298 orang), dan zona 4 sebanyak 252 orang yang mendaftar.(*)