19 September 2024
Politik

Resmi Dilantik, Panwascam Se-Pidie Jaya Harus Lebih Pintar

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebanyak 24 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Pidie Jaya resmi dilantik, Sabtu (29/10/2022). Pelantikan berlangsung di hotel Ananda, Meureudu. Usai pelantikan, mereka langsung menjalani pelatihan sampai sore hari di hotel tersebut.

Acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan terhadap 24 Panwascam itu, dipimpin langsung Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umun (Panwaslih) Kabupaten Pidie Jaya, Fajri M Kasem. Dan juga pembacaan pakta integritas oleh perwakilan Panwascam terlantik, sebagai komitmen dalam menjalankan tugas pengawasan seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024.Turut hadir dalam acara itu, Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani, Ketua KIP Pidie Jaya, Kapolres Pidie Jaya, Akbp. Dodon Priyambodo, S.H., S.I.K., M.S.I, Kabagops, AKP Mukthar SH. MH, Kasat Intelkam, Iptu Budiono SH, Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar, S.Sos, perwakilan Kejari, perwakilan Dandim 0102/Pidie-Pidie Jaya serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dikatakan Ketua Panwaslih Pidie Jaya, Fajri, jika pelantikan ini sudah sesuai dengan jadwal dari tahapan perekrutan panwascam itu sendiri, dimana usai pelantikan panwascam sendiri akan langsung mengikuti bimbingan teknis (Bintek) yang dari Panwaslih Pidie Jaya dengan sejumlah narasumber yang telah disediakan.

Panwascam adalah perpanjangan dari Panwaslih Kabupaten Pidie Jaya. Fajri meminta kepada Panwascam agar kerja ekstra dalam pengawasan. Mereka juga diminta lebih 'pintar' dari yang diawasi serta harus memiliki integritas serta profesional dalam pengawasan.

"Jangan anggap enteng atau ringan dalam pengawasan tahapan pemilu. Saudara semua harus lebih maju selangkah dari yang diawasi, namun harus lebih dewasa dan lebih bijak." pintanya

Tambahnya, memang dalam hal melakukan pengawasan sesuai undang-undang dan regulasi kepemiluan yang berlaku. Perlu diingat juga tidak serta merta menggunakan undang-undang, namun gunakan juga  kearifan lokal, pandai-pandai lah bermusyawarah demi terhindar terjadi nya perselisihan," tegaskan Fajri

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Pidie Jaya, Jalani mengucapkan selamat atas pelantikanny kepada Panwascam se-Kabupaten Pidie Jaya. Bertugaslah sebaik-baiknya sesuai tupoksi yang telah di atur sesuai undang-undang yang berlaku. 

"Aturan memang harus dijalankan, namun usahakan lakukan pencegahan agar tidak terjadi perselisihan. Jika sudah terjadi pelanggaran selesaikan secara musyawarah serta jangan kesampingkan kearifan lokal." harapan Jailani.Sementara, Kapolres Pidie Jaya, Akbp. Dodon Priyambodo, S.H., S.I.K., M.S.I, menegaskan kembali peyampaian dari Ketua Panwaslih bahwa Panwascam harus lebih 'pintar' dari yang diawasi, karena Panwascam bertindak sebagai wasit.

Hal ini tentunya ini terkait kompetensi dari Panwas sendiri. Intinya bisa berkerja sama dengan instansi terkait, baik TNI/Polri maupun instansi lainnya yang berkecimpung dalam pelaksanaan Pemilu.

"Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena ini sudah di era revolusi informasi. Jadikan Pemilu di Pidie Jaya yang bermutu. Untuk mencapai hal tersebut harus dimulai dari pengawas Pemilu. Mustahil Pemilu yang berintegritas dan berkualitas bisa terwujud, jika pengawasnya tidak mempunyai integritas dan netralitas” tegaskan Kapolres. (**)

Adapun Panwascam yang dilaktik adalah:
Kecamatan Bandar Baru
1. Ekawati
2. Siti Fatimah Nasution
3. Sudirman
Kecamatan Panteraja
1. Agustiar
2. Marsita
3. Musriadi
Kecamatan Trienggadeng
1. Juli Fahmi
2. Munadia
3. Teuku Saifullah
Kecamatan Meureudu
1. Iswar
2. Naziratul Husna
3. Yusra Hayati
Kecamatan Meurah Dua
1. Mirsal
2. Roza Silvia
3. Zulmal Fhasya  
Kecamatan Ulim
1. Armiadi
2. Fahril
3. Junaidi
Kecamatan Jangka Buya
1. Hafrizal
2. Martunis
3. Nurhadi
Kecamatan Bandar Dua
1. Idris
2. Liwahul Hamdi
3. Mukhlis, S.Fil.I