19 September 2024
Mimbar Islam

Ratusan Santri Dayah Miftahussalam Lantunan Zikir Maulid Semarakkan Malam Maulid Nabi

Foto : Ratusan santri dan santriwati Dayah Madinatuddiniyah Miftahussalam sedang melantunkan Zikir Maulid | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDMalam kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati 12 Rabiul Awal setiap tahun Hijriyah disambut meriah masyarakat Muslim di berbagai tempat termasuk pelosok negeri Serambi Makkah, Aceh. 

Di Dayah Madinatuddiniyah Miftahussalam, Gampong Sagoe Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, momentum malam Maulid Nabi Muhammad SAW, bertepatan pada Minggu (15/9/2024) malam Senin diisi dengan menggelar acara zikir dan Do'a bersama di halaman kompleks dayah tersebut.

Tgk Saidil Akmal salah seorang guru dayah tersebut kepada Liputan Gampong News, usai zikir dan Do'a bersama mengatakan syahdunya lantunan zikir maulid sangat terasa dengan diikuti oleh ratusan santri dan santriwati bersama para dewan guru."Ratusan jamaah berpakaian putih dengan bersurban yang terdiri dari santri dan santriwati bercadar serta dewan guru larut dalam zikir menyambut malam kelahiran Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal.

Grup Zikir Maulid Dayah Madinatuddiniyah Miftahussalam dengan suara merdunya pernah meraih juara perlombaan zikir tingkat Kabupaten Pidie Jaya sungguh sangat terasa syahdunya," Tutur guru muda yang akrab sisapa Tgk. Muad.

Tradisi memeriahkan malam kelahiran Nabi Muhammad SAW ini digelar mulai setelah shalat Isya berjamaah pukul 20.30 WIB hingga jelang tengah malam. 

"Kegiatan seperti ini kami laksanakan setiap tahunnya sebagai bukti kecintaan kami kepada Rasulullah. Kelebihan maulid nabi yang diperingati setiap tahunnya, bahkan di Aceh sudah menjadi Tradisi yang diperingati selama tiga bulan," tutup Tgk. Muad yang juga pengelola keuangan Dayah. (*)