19 September 2024
Olahraga

Popda Aceh ke-XVII tahun 2024 Berakhir, Pidie Jaya Belum Mampu Capai Target

Foto : Acara penutupan POPDA Aceh ke-XVII tahun 2024 di Aceh Timur oleh Pj Sekdaprov Aceh, Azwardi Abdullah. (Dok.Sekertariat POPDA Aceh XVII). | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPekan Olahraga Pelajar (POPDA) Aceh ke-XVII tahun 2024 yang berlangsung di Kabupeten Aceh Timur sudah berakhir. Pejabat (Pj) Sekdaprov Aceh, Azwardi Abdullah secara resmi menutup event antar pelajar ini, Jumat (12/7/2024) di Idi Sport Center.

Kontingen Kabupaten Pidie Jaya hanya mampu berada di peringkat ke-21, dengan memperoleh  10 medali (1 emas, 2 perak, dan 7 perunggu). Peringkat ini tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai, yakni berada di 10 besar.

Sementara Kontingen Kota Banda Aceh berhasil meraih juara umum dengan raihan 41 emas, 14 perak dan 26 perunggu. Di peringkat kedua, Kotingen Pidie dengan 14 emas, 18 perak dan 20 perunggu, disusul peringkat ke tiga Kontingen Aceh Besar meraih 12 emas, 10 perak, 21 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pidie Jaya, Saifuddin melalui Kabid Olahraga, Asril tetap bersyukur, meskipun belum memenuhi target. “Kita akui kekalahan kita, karena atlet kita jauh lebih di bawah dari kabupaten lain dengan segala keterbatasan yang ada,” sampaikannya

"Terimakasih kami ucapkan kepada para pelatih dan atlet yang sudah berjuang untuk olahraga Pidie Jaya, semoga prestasi yang kita raih saat ini akan terus ditingkatkan dimasa yang akan datang." Tandas Asril.

Selain itu, Kontingen Pidie Jaya juga hanya mengikuti 7 cabor, dimana cabor andalan lainnya seperti Bola voli tidak bisa ikut lantaran terbentur dengan aturan baru yang diterapkan,” akuinya.

Dari semua cabor yang ikuti hampir semuanya mendapatkan medali meskipun belum semuanya menjadi yang terbaik. Kedepan Disporapar Pidie Jaya ingin mempersiapkan lebih matang lagi, ia pun meminta masukan kepada induk organisasi olahraga di Pidie Jaya khususnya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“Jadi kita meminta dukungan dan pembinaan kepada mereka. Supaya atlet pelajar bisa dilakukan pembinaan sejak dini,” kata Asril

Adapun perolehan Medali Kontingen Pidie Jaya pada POPDA Aceh ke-XVII tahun 2024 di Aceh Timur, untuk medali satu-satunya diraih oleh Zabur (Tinju) pelajar di SMAN 1 Bandar Baru.

Selanjutnya, medali perak masing-masing diraih oleh Zaki Muwaffaq (Atletik) dan Akfi Khaira (Pencak Silat).

Untuk peraih medali perunggu, yaitu Cut Putri Fitria (Atletik), Rizki Aulia Rizal (Kempo), Rifki (Taekwondo), Sakhaira Anisah (Silat), Syifa Andria (Silat), Fandy Ziluthfan (Silat) serta dari cabor Tenis Meja Beregu campuran dengan atlet Mahfuzul Kiram, Wildan Mumtaz, dan Shabir Khalis. (**)