19 September 2024
Olahraga

Pengkab Percasi Pidie Jaya Gelar Open Turnamen Catur

Foto : Pera pemenang Open Turnamen Catur Percasi Cup 1 Kabupaten Pidie Jaya. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia (RI), Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pidie Jaya menggelar lomba catur, Sabtu (12/8/2023) di Warkop Aceh Kupi Trienggadeng, Pidie Jaya.

Dengan memperebutkan piala Percasi Cup 1 sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) RI Ke-78, diharapkan mampu melahirkan pecatur terbaru dan terbaik di Pidie Jaya.

Ketua Panitia Pelaksana Percasi Cup 1, Irfan mengatakan open turnamen ini merupakan  ajang silaturahmi bagi pecintan Catur Pidie Jaya, di momen memeriahkan HUT RI ke-78, dan untuk Catur merupakan salah satu olahraga dalam mengasah kemampuan otak, dengan bermain Catur otak kita jadi sehat," ujarnya

"Open turnamen tersebut diikuti 50 peserta dari berbagai usia, dari remaja sampai dewasa alias tidak ada katagori. Pertandingan yang kita laksanakan selama seharian denagn mempertandingkan sistem swiss 6 babak,"ungkapnya.

Kata Ketua Panitia lagi, Turnamen ini memperebutkan total hadiah Rp 2.750.000. Para pemenang mendapatkan piala, piagam dan dana pembinaan. Untuk juara 1 mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 700 ribu + Trophy, juara 2 Rp500 ribu + Trophy dan Juara 3 Rp350 ribu + Trophy.

Selanjutnya, Juara 4 Rp250 ribu + Medali dan Juara 5 Rp200 ribu + Medali. Sedangkan Juara 6 sampai dengan 10 masing-masing mendapatkan dana pembinaan Rp.150 ribu + Medali." Rincikannya.Sementara itu, Ketua Harian Percasi Pidie Jaya, Muslim Adam, S.Sos bersama Ketua Umum, Sulaiman Ismail ditemui Liputan Gampong News disela acara mengatakan turnamen ini dilaksanakan selain untuk memeriahkan HUT RI ke 78, juga untuk mencari bibit baru atlit catur di Pidie Jaya.

“Selain berpartisipasi memeriahkan Kemerdekaan RI ke-78, juga sebagai ajang seleksi atlit guna mengikuti Kejuaraan daerah (Kejurda) serta sebagai ajang uji kemampuan atlit-atlit Pidie Jaya dalam menghadapi PORA 2023 mendatang melalui turnamen ini,” kata Muslim yang Anggota DPRK Pidie Jaya.

Rencananya, kegiatan seperti ini akan semakin intens dilaksanakan dan menjadi agenda rutin Pengkab Percasi Pidie Jaya. Harapan besarnya Pidie Jaya mampu menghasilkan bibit unggul, agar nanti jika diturunkan dalam kompetisi mewakili Pidie Jaya bisa meraih hasil yang maksimal." Tutup Politisi Partai NasDem ini.

Ini daftar Juara nya:
1. Amiruddin (Panterja)
2. Nazaruddin (Trienggadeng)
3. Martunis (Trienggadeng)
4. M. Syahril (Panteraja)
5. T. Rafil Saputra (Trienggadeng)
6. Zakaria. S (Meureudu)
7. Ahmad Ibrahim (Polres Pidie Jaya)
8. Hasan Basri (Bandar Baru)
9. Abdurrahman (Panteraja)
10. Zakaria (Bandar Baru).

(*)