17 September 2024
Pemilu 2024
Pilkada Serentak 2024

Panwaslihcam Dibuka, 211 Srikandi Aceh Mendaftar di Hari Pertama

Foto : Tgk Muhammad Yusuf, S.Pd bersama Tenaga Ahli Dr. Muklir. S.Sos.,SH.,M.AP terjun langsung kelapangan memantau proses pelaksanaan penerimaan pendaftaran Panwaslihcam di Kota Langsa, 27/07/2024. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDPanitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh resmi membuka tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas Calon Panwaslih Kecamatan (Panwaslihcam) dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2024.

Hari Pertama dibukanya pendaftaran, sebanyak 829 orang mengajukan surat pendaftaran di kantor sekretariat Panwaslih Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh, Sabtu (27/7/2024).

Berkas pendaftaran bisa langsung diantar langsung ke kantor sekretariat pada pukul 09.00-17.00 WIB. Khusus hari terakhir pendaftaran, Senin, 29 Juli 2024, akan ditutup pada pukul 23.59 WIB.

Bagi pendaftar yang lulus penelitian administrasi calon Panwaslicam, Pokja Kabupaten/Kota akan mengumumkannya pada tanggal 2 Agustus 2024.

Ketua Koordinasi Devisi SDM-OD Panwaslih Aceh Tgk Muhammad Yusuf, S.Pd mengatakan hari pertama dibuka pendaftaran terlihat antusias masyarakat cukup tinggi. Bahkan ada Kabupaten yang pendaftar nya nyaris mencapai 100 orang.

Berdasarkan laporan 23 Panwaslih kabupaten/kota, terangkum sebanyak 829 orang pendaftar, yang terdiri dari 618 orang laki-laki dan 211 orang perempuan.

Dapat disampaikan bahwa jumlah pendaftar tertinggi di hari pertama ini, berada di Kabupaten Aceh Tenggara dengan jumlah pendaftar sebanyak 99 orang, dengan rincian pendaftar Laki-laki sebanyak 90 orang dan Perempuan sebanyak sembilan orang.

Kemudian disusul oleh Kabupaten Pidie dengan jumlah Pendaftar sebanyak 76 orang, sedangkan 48 orang pendaftar berjenis kelamin laki-laki dan 28 orang pendaftar berjenis kelamin perempuan." Rincikan Kordiv, SDM-OD Panwaslih Aceh.

Pihaknya mengajak kepada masyarakat Aceh di Kabupaten/Kota manapun saudara berada, mari ambil bagian untuk menjadi pengawas pemilihan tingkat kecamatan di kabupaten/kota masing masing.

Seperti diketahui bahwa Panwaslih Kecamatan adalah Panitia yang dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten/kota untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan dan akan beranggotakan 3 orang disetiap kecamatan.

"Jadi yang  berkeinginan menjadi anggota Panwaslihcam untuk segera melengkapi persyaratan dan melakukan pendaftaran," himbau Tgk  Yusuf yang di damping Tenaga Ahli bidang SDM Panwaslih Aceh Dr. Mukilr, S.Sos.,SH.,M.AP.

Selanjutnya masyarakat dapat mengakses informasi dengan melihat pengumuman pendaftaran melalui website resmi dan media sosial Panwaslih Kabupaten/kota di masing masing kabupaten/kota anda sesuai dengan amanat undang-undang." Sampaikannya.

Selain itu, Tgk. Muhammad Yusuf mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Kepada putra-putri terbaik Aceh di masing-masing kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh mari ambil bagian dan bergabung di Panwaslihcam Aceh, dengan harapan bisa berkontribusi dan mengawasi Pilkada serentak di tahun 2014,” ucapnya. (**)