18 Oktober 2024
Pemilu 2024

Panwaslih Pidie Jaya Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Pemuda

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) atau Panwaslih Kabupaten Pidie Jaya, kembali menggelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, di Hotel Ananda, Meureudu, Sabtu (12/11/2022).

Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang mengusung tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu... Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" itu dibuka oleh Komisioner Bawaslu Pidie Jaya M. Agmar Media, S.HI., M.H., yang juga Ketua Divisi Pengawasan dan HUBAL.

Bersama 50 pemuda-pemudi se Kabupaten Pidie Jaya, kegiatan dipandu oleh Koordinator sekretariat Panwaslih Pidie Jaya ,Teuku Dian SE dengan menghadirkan pemateri, Khairil Akbar (dosen Fakultas Hukum USK Banda Aceh) dan Masrur, MA (Komisioner KIP Kabupaten Pidie Jaya).Dalam sambutannya, Agmar Media menyampaikan secara konstitusional, mengawasi pemilu memang tugas dan wewenangnya Bawaslu. Namun, secara moral mengawasi itu menjadi tugas pemilih dalam pemilu.

"Dalam rangka mewujudkan pemilu yang berkualitas, jujur dan adil maka perlu memperkuat pengawasan. Sehingga Bawaslu Pidie Jaya mengajak semua pihak terlibat dalam mengawasi tahapan hingga pelaksanaan Pemilu serentak 2024 nanti." katanya

Sosialisasi yang dilakukan agar Pemilu di Pidie Jaya tahun 2024 betul-betul pemilu yang berbasis partisipatif yang sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya Pemilu ini adalah milik kita semua elemen masyarakat." sampaikan Agmar

“Petugas kami sangat terbatas. Oleh sebab itu kami membutuhkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu. Semoga usai mengikuti sosialisasi ini dapat meningkatan pengetahuan, pemahaman kepada peserta agar secara swadaya terlibat aktif dalam pengawasan Pemilu,” harapannya. (**)

-->