08 September 2024
Pemilu 2024

PAN Incar 5 Kursi DPRK Pidie Jaya di Pemilu 2024 Untuk Bisa Menjadi Kandidat Bupati

Foto : Sekretaris KIP Pidie Jaya, Iswandi menyambut kedatangan Rombongan Partai PAN yang dipimpin Ketua PAN, Hasan Basri untuk menyerahkan berkas Bacaleg | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) atau KPU serentak se Indonesia, Jumat (12/5/2023).

PAN Pidie Jaya menjadi partai kedua yang mendaftarkan Bacaleg-nya ke KIP Pidie Jaya, dengan menyerahan berkas 25 bakal calon anggota DPRK setempat.

Dipimpin langsung Ketua DPD PAN Pidie Jaya, Hasan Basri didampingi Sekretaris dan Bendahara partai diikuti sejumlah Bacaleg baik daerah pemilihan (Dapil) I, II, III dan IV serta kader lainnya disambut Sekretaris KIP Pidie Jaya, Iswandi di pintu masuk kantor KIP.

Prosesi penyerahan berkas tersebut dilakukan langsung oleh Ketua DPD PAN Pidie Jaya, Hasan Basri dan diterima oleh Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar dihadapan seluruh komisioner KIP Pidie Jaya, Sekretaris dan staf juga disaksikan oleh anggota Panwaslih Pidie Jaya, Agmar Media.Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Darkasyi Abdul Hamid, S.Pd, mengatakan sejumlah 25 bacaleg yang didaftarkan PAN, terdiri dari 17 laki-laki dan 8 perempuan.

"Masing-masing untuk Dapil 1 dengan mendaftarkan 8 Bacaleg, untuk Dapil 2 dan 3 masing-masing dengan 6 Bacaleg. Selanjutnya, Dapil 4 Bacaleg yang didaftarkan sejumlah 5 orang." Rincinya.

Sementara, Hasan Basri kepada awak media mengatakan, PAN menargetkan bertambah kursi di setiap dapil pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kami targetkan bertambah kursi dari sebelumnya, minimal satu kursi sehingga menjadi lima kursi. Apabila tidak tercapai, kami wajib pertahankan empat kursi yang sudah ada,” ujar Hasan Basri.

Politisi PAN yang sudah tiga periode menjadi anggota DPRK Pidie Jaya itu, sangat optimis partai yang dipimpinnya mampu meraih lima kursi di Pemilu serentak 2024.

"Harapan kita ke depan ingin mencalonkan diri sebagai kandidat calon Bupati atau Wakil Bupati Pidie Jaya dari PAN di tahun 2024 dengan bertambahnya perolehan kursi," pungkas pria yang juga Bacaleg DPRA PAN dari Dapil 2.

Untuk informasi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPC Pidie Jaya juga melakukan pendaftaran bacaleg ke KIP Pidie Jaya sesudah dilakukan PAN. Dengan jumlah bacaleg yang didaftarkan juga kuotanya penuh 100 persen (25 orang).

Berdasarkan konfirmasi dari LO Partai, ada empat Parnas yang akan mendaftar besok, Sabtu (13/5/2023), yaitu PKB, Gerindra, NasDem, PKS, Golkar serta dua Parlok PDA dan Partai SIRA. (*)