19 September 2024
Daerah

Oknum Petugas Poli Anak Puskesmas Tanah Luas Diduga Malas, Tidak Memeriksa Pasien dan Asal Kasih Obat

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  Diduga Oknum petugas di ruang poli anak Pukesmas kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh utara malas dan asal kasih obat pada pasien.

Menurut keterangan yang diperoleh dari ibu pasien, pada hari selasa tgl 22/05/2022 dia dan anak nya pergi ke pukesmas Tanah Luas untuk memeriksa anaknya yang masih balita karena sering mengeluh sakit pada telinga, setelah mengambil rujukan dia di arahkan ke ruang poli anak di Pukesmas setempat.

Sesampai di ruang poli anak oknum petugas menanyakan pada ibu pasien apakah si pasien ada demam dan si ibu menjawab tidak, tanpa di periksa dan bahkan tanpa di pegang sama sekali petugas tersebut langsung mengasih resep untuk mengambil obat dan ternyata di kasih obat penurun panas.

Kata ibu si anak sesampai di rumah seperti biasa setelah makan siang si ibu langsung memberikan obat tersebut kepada si anak.

Malam nya saat ayah si anak yang merupakan seorang wartawan mendapatkan anaknya dalam keadaan demam tinggi dan ketika ditanya sama istrinya dia bilang anak nya panas tinggin setelah minum obat dari pukesmas.

Besoknya tanggal 23/03/2022 ayah pasien yg juga salah satu wartawan di media Online dan Ketua salah satu Lembaga Cabang Aceh Utara mengkonfirmasi keruang poli anak Pukesmas Tanah Luas, saat di konfirmasi kepala ruang poli anak yg tidak mau menyebutkan namanya mengatakan obat tersebut sudah layak untuk sang anak.

"Ketika awak media menanyakan apa sakit pasien kepala ruang anak malah tidak tau apa sakit si pasien, dengan bersikeras dan beramai - petugas di pukesmas malah menekan dan menanyakan SOP kami yang mengkonfirmasi hal tersebut, bagaimana mereka tau obat itu layak kalau tidak tau apa sakit nya, malah yang lebih parah lagi terdengar isu ada oknum PNS disana yang mengaku punya link ke PWI akan melaporkan kami yang komplain dengan pelayanan Pukesmas Tanah Luas, kami selaku korban dan juga wartawan bisa di ancam oleh oknum2 tersebut bagaimana dengan rakyat bias yang berobat kesana bisa saja mereka berbuat seenaknya karena di sana punya oknum yang ada link ke PWI, atau bekingan lainnya, tapi yang kami tau PWI itu selalu berpihak pada masyarakat yg terzalimi," Ungkap Fahmi.

Lanjutnya," Di harapkan buat pihak pihak terkait untuk menertibkan oknum oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. 
Keluar dari Pukesmas tanah Luas kami membawa anak kami ke tempat praktek untuk memeriksa pasien, sesampai di tempat praktek dan setelah di lakukan pemeriksaan ternyata kotoran telinga si anak sudah kering dan mengeras, setelah di kasih obat tetes telinga dan di keluarkan si pasien langsung sembuh dan tidak mengeluh sakit telinga lagi.

Seharusnya pihak pukesmas Tanah Luas memeriksa pasien jangan asal kasih obat apalagi kalau pasiennya anak anak.

Sementara itu, Kepala pukesmas tanah Luas H. AZMI SKM. M. Kes, melalui pesan whatsapp mengatakan akan menegur stafnya yang tidak di siplin dalam bekerja.(Fadly P.B)