10 Agustus 2022
Daerah

Muswil 5 RAPI Pidie, H. Jamal Abadi Ketua Periode 2022-2026

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - H. Jamal Abdullah, S.P., (JZ01PHJ) atau lebih dikenal dengan H. Jamal Abadi, dilantik sebagai Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) periode 2022- 2026 dalam Muswil 5 RAPI Pidie, di Oproom Setdakab Pidie, Sabtu (25/06/2022).

Selain itu  bersama H Jamal Abadi, turut dilantik sebagai Wakil Ketua, Abdullah Said (JZ01AGG), Sekretaris Rahmanuddin (JZ01PRK) dan Bendahara, M. Taufik (JZ01PGG).

Muswil 5 tersebut dibuka oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad, S.E., M.M., (Abusyik) dan dihadiri oleh unsur Forkopimda, Dan Yon Armed 17/Komposit/RC, sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta perwakilan RAPI se-Aceh.

Dalam sambutannya, Abusyik berharap RAPI terus meningkatkan perannya di tengah masyarakat. Kehadiran RAPI dalam setiap kejadian kebencanaan sangatlah diperlukan, bersama-sama pemerintah membantu kesulitan yang sedang dihadapi masyarakat pada saat tersebut.

Sebagai organisasi mandiri, RAPI senantiasa menjadi terdepan dalam membantu masyarakat, khususnya dalam penanggulangan bencana, tanpa pamrih, ujar Abusyik.

Ketua RAPI Aceh, H. Rahmad Thaib, S.T., M.Si (JZ01BIR) dalam sambutan dan arahannya mengatakan, RAPI adalah organisasi independen, dimana para relawan yang tergabung bekerja untuk membantu masyarakat tanpa batasan kedudukan sosialnya.

Para relawan RAPI tidak mengenal lelah, setiap ada kesulitan masyarakat seperti bencana alam, RAPI selalu hadir dan terdepan, ucapnya.

Sementara, Ketua RAPI Pidie, H. Jamal Abadi menyampaikan, bahwa ia siap bekerja maksimal memajukan RAPI.

"Kita selalu hadir membantu pemerintah dalam setiap kegiatan, seperti halnya dalam penyelenggaran even MTQ dan PORA nantinya, serta berbagai even daerah. Juga kita selalu hadir membantu masyarakat saat terjadinya bencana", ungkap H. Jamal Abadi.

Dalam setiap kegiatan, anggota RAPI yang terlibat adalah yang telah diberikan pelatihan (training) dan pengarahan.

"Setiap anggota kita yang terjun langsung kelapangan, misalnya pada suatu tempat yang sedang dilanda bencana, mereka sudah dibekali pengetahuan tentang kondisi tersebut", jelasnya.

Sedangkan keanggotan RAPI di Pidie, saat ini tercatat sekitar 130 anggota. Dan untuk menjadi anggota baru ada syarat yang harus dipenuhi. 

"Sekitar 130 anggota di Pidie dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari unsur TNI-Polri dan Pemkab. Untuk menjadi anggota, diantaranya berjiwa sehat dan ber dedikasi, karena kita adalah relawan", pungkasnya. (AS)