08 September 2024
Pemilu 2024
Pilkada Pidie Jaya 2024

Minat Pendaftar Calon Anggota PPS Pilkada 2024 di Pidie Jaya Tinggi

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

2.419 Orang Bersaing Mengisi 666 Kursi

LIPUTANGAMPONGMEWS.ID – Ribuan pendaftar bersaing ketat untuk bisa lolos seleksi menjadi anggota panitia pemungutan suara (PPS) Pilkada 2024. Setelah ditutup pada Sabtu (11/5) lalu, tercatat sebanyak 2.419 resmi mendaftar di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya sebagai calon anggota ad hoc  di tingkat gampong/desa.

Pantauan Liputan Gampong News, masyarakat sempat menyerbu kantor KIP Pidie Jaya untuk mendaftar dirinya sebagai PPS Pilkada Tahun 2024.

Sejak dibuka tanggal 2 Mei 2024 lalu hingga masa perpanjangan pendaftaran PPS tanggal 11 Mei 2024, warga Pidie Jaya dari seluruh penjuru dengan berbagai elemen termasuk kaum hawa baik remaja, pemuda, mahasiswa, santri, tenaga honorer, ASN dan berbagai strata sosial masyarakat mendaftar dirinya ke kantor KIP Pidie Jaya.

"Warga Pidie Jaya antusias mendaftarkan diri sebagai calon PPS Pilkada 2024, bahkan hingga hari terakhir pendaftaran mencapai angka ribuan pendaftar yang mengembalikan berkas fisik." ungkap Iskandar Ketua KIP Pidie Jaya.

Namun, tak sedikit dari mereka yang hanya membuat akun SIAKBA saja dan ada juga hingga meng-upload berkas, tetapi syaratnya tidak lengkap lengkap dan tidak mengantarkan berkas fisik ke kantor KIP Pidie Jaya," tambahnya.

Sebelumnya, KIP Pidie Jaya juga telah menyeleksi seratusan pendaftar untuk mengisi 40 kursi anggota PPK di Kabupaten Pidie Jaya. Penetetapannya dan pengumumannya pada Rabu (15/5) serta akan dilakukan pelantikan pada Kamis (16/5).

Pernyataan senada diungkapkan Abdullah, Kordiv SDM dan Parmas KIP Pidie Jaya, masyarakat sangat antusias ingin bergabung sebagai PPS untuk Pilkada 2024 ini.

"Masyarakat yang mengembalikan berkas fisik bahkan hingga malam harinya dan panitia penerimaan calon PPS terpaksa lembur malam harinya untuk melakukan verifikasi berkas fisik tersebut," timpalnya.

Kordiv. SDM KIP Pidie Jaya yang akrab disapa Cek Lah, kembali menyampaikan keterangan kepada media ini, mereka (calon PPS) bakal memperebutkan kuota 666 anggota PPS yang tersebar di 8 kecamatan. ’’Artinya persaingan semakin ketat, dengan rata rata satu banding tiga pelamar, bahkan ada yang banding lima,’’ tuturnya.

Cek Lah menegaskan, jika dalam tahap administrasinya berkas persyaratan pendaftar dinyatakan memenuhi syarat, berikutnya mereka akan menjalani tahap tes tulis berbasis computer assisted test (CAT).

Kemudian dilanjutkan dengan tahap tes wawancara. ’’Dari para pendaftar ini akan kita pilih tiga orang (per gampong) yang mengisidi 222 gampong atau desa,’’ tegaskannya.

Iswandi Sekretaris KIP Pidie Jaya juga memberikan keterangan menyampaikan, para pegawai Sekretariat KIP Pidie Jaya juga sangat bersemangat dalam melayani pendaftar PPS, baik yang datang langsung saat mengembalikan berkas fisik ke kantor KIP Pidie Jaya, maupun saat pendaftaran secara Daring melalui aplikasi SIAKBA.

"Insya Allah malam ini, panitia telah menyelesaikan verifikasi berkas yang mencapai ribuan dan tanggal 14 Mei 2024 malam pengumuman kelulusan administrasi akan dirilis di media sosial KIP Pidie Jaya," akuinya, Selasa (14/5) sore.

Dari hasil penelitian administrasi calon anggota PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 adalah 2.383 orang yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 37 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)."Bagi calon anggota PPS memenuhi syarat (Lulus) untuk hadir dan mengikuti Seleksi Tertulis salon anggota PPS yang akan dilaksanakan di Lab. Komputer pada sejumlah Sekolah dalam Kabupaten Pidie Jaya.

Ujian tulis CAT dilaksanakan selama dua hari yaitu, hari Jum'at s.d Sabtu / 17 s.d 18 Mei 2024, Pukul 08.30 WIB s/d selesai. Untuk sesi jadwal ujian tulis diberitahukan lebih lanjut." Terang Iswandi.

Sehubungan dengan Pengumuman Komisi Independen Umum Kabupaten Pidie Jaya Nomor 37/PP.04.2-Pu/1118/2024, telah dilaksanakan tahapan Penelitian Administrasi calon anggota PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Dapat di unduh pada link berikut: https://bit.ly/PENGUMUMANADMPPSPDPIJAY2024. (**)