17 September 2024
Sosial

Membumikan Semangat Gotong Royong, Germas Pijay Peduli Bangun Rumah Untuk Warga Kurang Mampu Di Gampong Drien Tujoh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Semangat gotong royong masyarakat perlu dipupuk dan dibangkitkan kembali di tanah endatu Japakeh. Karena budaya gotong royong memberikan dampak positif serta memiliki kontribusi yang besar terhadap kehidupan masyarakat.

Dalam hal ini Masyarakat Pidie Jaya Peduli bersatu dalam Gerakan bersama untuk membantu sesama ini melakukan secara gotong royong dalam program bedah rumah bagi warga miskin/ tidak mampu.

Dimana semua kita membutuhkan rumah/ tempat tinggal yang layak huni. Namun, pada kenyataannya masih terdapat masyarakat yang belum mempunyai rumah layak huni khususnya bagi kelompok masyarakat miskin. 

Koordinator Gerakan Masyarakat Pidie Jaya Peduli, Fazli Husin, S.Hi, Jum'at (28/4/2023) menyampaikan bahwa masyarakat miskin mempunyai keterbatasan akses terhadap pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak baik secara keterjangkauan maupun aksesibilitas.

"Jangankan untuk membeli rumah, di dalam memenuhi pendapatan yang rendah tak jarang belum mampu mencukupi kebutuhan dasar sehari-hari. Hal ini mengakibatkan semakin sulitnya menjangkau kebutuhan untuk membangun rumah layak huni." ungkapnya

Fazli yang juga tokoh peduli lingkungan mengajak kita semua saling berbagi dengan sesama. Karena dengan gotong royong semua tertolong.

"Saling berbagi kebahagiaan merupakan kewajiban setiap insan. Bahagia bukan hanya milik orang yang berkecukupan saja, akan tetapi milik setiap insan yang juga mempunyai hak untuk mendapatkan kebahagiaan”. Pungkasnya

Dalam menjalani program tersebut yakni pembangunan rumah semi permanen type 36 untuk saudara Ruslan/keluarga yang merupakan warga tidak mampu di Gampong Drien Tujoh Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, melakukan open donasi.

"Untuk kebutuhan anggaran sebesar Rp.62 juta (tanpa pajak dan tanpa keuntungan). Berdasarkan informasi dari WhatsApp grup sampai pukul 14.30 WIB, jumlah total sementara dana yang sudah terkumpul Rp. 32.600.000., dari sedikitnya 55 donatur.

Kami ucapkan terima kasih kepada para partner dan donatur yang telah mendukung program gerakan masyarakat Pidie Jaya Peduli serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mari kita selalu saling peduli dan berbagi kebahagiaan kepada sesama, karena berbagi itu indah." Ucap Fazli. 

Sementara itu, Suryadi Keuchik Gampong Drien Tujoh, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya warga setempat dan masyarakat Bandar Dua pada umumnya untuk mendonasikan sedikit hartanya untuk membantu meringankan beban fakir miskin di desanya untuk menyukseskan program pembangunan rumah layak huni untuk saudara Ruslan dan Keluarga. 

Alhamdulillah, berkat dukungan dari Germas Pijay Peduli dan semua pihak hari kita langsung melakukan pembongkaran dan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni di Gampong Drien Tujoh, ujar Keuchik Suryadi didampingi Ketua Forum Keuchik Kecamatan Bandar Dua dilokasi pembangunan rumah. 

Selain itu, Keuchik Suryadi juga mengucapkan terimakasih kepada BPBD Pidie Jaya yang telah mendirikan tenda darurat untuk keluarga kurang mampu di desanya sebagai hunian sementara sambil menunggu rumahnya selesai dibangun. 

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Fazli Husin Koordinator Germas Pijay Peduli, Muhammad Nur, S.T Kalaksa BPBD Pidie Jaya, Iptu M. Arifin Kapolsek Bandar Dua, Suryadi, MJ Ketua Forum Keuchik Bandar Dua dan ditepung tawari (Peusijuek) oleh Tokoh Agama (Ulama) Gampong setempat. Mohon dukungan para pihak yang ingin berpartisipasi untuk kelancaran tugas mulia ini.  Donasi dapat juga di salurkan melalui Rekening BSI 7225318543 an. Gerakan Masyarakat Pijay Peduli. Untuk konfirmasi kirimkan ke nomor 081362881977 (T. Saifullah) dan 085253308845 (Fakhrurrazi).

Terimakasih atas kerendahan hati para donatur, semoga Allah SWT pelihara Iman, Islam dan diberikan rezeki yang melimpah....Amiin ya Rabb. (**)